Kompas TV bisnis bumn

Kabar Baik, Telkom Klaim Layanan IndiHome dan Telkomsel Kembali Normal

Kompas.tv - 24 September 2021, 19:52 WIB
kabar-baik-telkom-klaim-layanan-indihome-dan-telkomsel-kembali-normal
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memastikan seluruh layanan TelkomGroup baik fixed broadband termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel sudah kembali normal.  (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memastikan seluruh layanan TelkomGroup baik fixed broadband termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel sudah kembali normal. 

Seperti diketahui, sebelumnya layanan di IndiHome dan Telkomsel sempat mengalami penurunan kualitas akibat gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam - Pontianak sejak Minggu (19/9/2021). 

"Hingga hari ini, kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100 persen layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1Tbps kemarin malam," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono dalam keterangan tertulis, Jumat (24/9/2021). 

Hal tersebut, lanjut Pujo, tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back-up dan alternatif khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

"Dengan demikian, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband sudah 100% kembali normal," ujarnya menegaskan. 

Selain itu, menurut penjelasannya, Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan. 

Baca Juga: PT Telkom Beri Kompensasi Bagi Pelanggan IndiHome, Mulai Pengunduran Pembayaran Hingga Bebas Denda

Pujo menuturkan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Dia berujar perbaikan kabel laut ini diperkirakan akan selesai pada minggu kedua Oktober bahkan bisa lebih cepat.

Di saat yang sama, lanjut Pujo, Telkom berhasil melakukan upaya rerouting dan back-up link, sehingga perbaikan layanan TelkomGroup termasuk IndiHome dapat kembali normal seperti sediakala.

Dengan demikian, pelanggan juga sudah dapat meninkmati lagi layanan TelkomGrup tanpa perlu menunggu selesainya penyambungan kabel laut tersebut.

Pujo kemudian mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan yang setia menggunakan layanan TelkomGroup.

“Berbagai upaya ini dilakukan guna memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan beragam layanan TelkomGroup. Semoga pelanggan dapat kembali beraktivitas secara digital dengan nyaman," pungkasnya.

Baca Juga: Mengenal Kabel Jasuka yang Membuat Jaringan Telkomsel & Indihome Jadi Ambyar

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x