Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Permintaan BBM Naik, Pertamina Antisipasi Kelangkaan di Belitung

Jumat, 24 September 2021 | 18:35 WIB
permintaan-bbm-naik-pertamina-antisipasi-kelangkaan-di-belitung
Ilustrasi pasokan BBM (Sumber: Kompas.com)

PANGKALPINANG, KOMPAS.TV - Aktivitas pertambangan timah rakyat memicu kenaikan permintaan BBM di Belitung. Untuk itu, General Manager Pertamina Marketing Operation (MOR) II Sumbagsel Asep Wicaksono Hadi menyampaikan siap menambah pasokan BBM di daerah tersebut.

"Kita telah menambah lembaga penyalur, kapasitas depot, jumlah kanal serta penambahan kapasitas hingga penambahan jam operasional SPBU untuk mengatasi kelangkaan BBM di Babel khususnya Belitung," katanya dalam keterangan persnya, Jumat (24/9/2021).

Menurut Asep, kelangkaan BBM di Pulau Belitung ini, akibat meningkatnya operasional pertambangan bijih timah rakyat, mengingat harga timah saat ini sedang naik, sehingga banyak masyarakat beralih profesi jadi penambang timah.

Oleh karena itu, pihaknya, telah melakukan langkah-langkah antisipasi kelangkaan BBM ini, termasuk menambah jumlah kapal penyuplai untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Bangka Belitung yang tinggi disaat harga naik timah tinggi.

Baca Juga: Pertamina Naikkan Harga 2 Jenis BBM Nonsubsidi, Cek Daftar Harganya

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan mengapresiasi Pertamina dalam mengatasi kelangkaan BBM di Belitung. Ia menyampaikan, Pertamina juga telah siap mengirimkan 5 hingga 15 moduler pertashop untuk mengatasi kelangkaan BBM di wilayah perdesaan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Jika sebelumnya untuk operasional bahan bakar pertambangan hanya menggunakan jenis solar, namun saat ini sudah ada alternatif menggunakan premium maupun pertalite untuk bahan bakar mesin tambang timah tersebut," ujarnya.

Salah seorang warga Belitung Taswid mengaku sudah sekitar sebulan lebih kelangkaan BBM terjadi di Belitung. "Ini gara-gara orang nambang timah, jadi BBM di SPBU cepat habis," katanya.

Baca Juga: Pertamina Kembangkan Bioavtur J2.4, Bahan Bakar Pesawat Campuran Minyak Sawit

 

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19