Kompas TV nasional peristiwa

Pangkogabwilhan Satu Tinjau Langsung Pulau Terluar NKRI di Kepulauan Riau

Kompas.tv - 24 September 2021, 17:37 WIB
Penulis : Theo Reza

NATUNA, KOMPAS.TV - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan Satu Laksamana Madya Muhammad Ali mengunjungi langsung pulau terluar di kepulauan Riau yaitu pulau Sekatung.

Peninjauan ini untuk melihat langsung bagaimana situasi terakhir dan kebutuhan para prajurit khususnya selama bertugas Sembilan bulan di daerah terbatas ini.

Total ada dua puluh prajurit terdiri dari sepuluh prajurit angkatan darat dari batalyon komposit satu gardapati dan sepuluh lagi dari angkatan laut yaitu Pasmar satu Jakarta.

"Prajurit kita dari batalyon komposit angkatan darat 10 orang orang total 20 orang ini tugas sangat berat dimana ini kedaulatan kita 9 bulan, saya rasa tugas cukup berat meninggalkan keluarga untuk tetap berada disini menjaga kedaulatan NKRI”,ujar Ali.

Baca Juga: Pangkogabwilhan I Tinjau Pulau Terluar Pulau Sekatung

Dalam kunjungan pertamanya ke pulau Sekatung, Ketika menjabat Pangkogabwilhan Satu. Pihaknya memastikan akan membantu dan mendorong apa yang menjadi kebutuhan prajurit.

Ali memastikan bahwa seluruh prajurit yang bertugas sudah mengorbankan jiwa raga dan waktu untuk keluarga tinggal di tempat yang jauh terpencil minim akses bahkan cenderung terisolir.

Di akhir pertemuan, Pangkogabwilhan memastikan bahwa prajuritnya harus loyal dalam menjalankan tugas serta bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar jangan justru merepotkan.

Tantangan menjaga pulau terluar tidak hanya menjaga kondisi pulau di wilayah NKRI tapi juga mengatur diri agar tidak cepat bosan serta jenuh selama bertugas sembilan bulan.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x