Kompas TV nasional politik

Nasib Petani Mengenaskan, DPR: Malu Kita Jadi Negara Agraris tapi Lemah Pengelolaan

Kompas.tv - 24 September 2021, 18:05 WIB
nasib-petani-mengenaskan-dpr-malu-kita-jadi-negara-agraris-tapi-lemah-pengelolaan
Sejumlah petani dan anggota Persatuan Penggilingan Padi (Perpadi) DPC Kabupaten Purbalingga melakukan aksi menolak rencana impor beras di Desa Brobot, Bojongsari, Purbalingga, Jateng, Selasa (23/03/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini meminta pemerintah untuk melakukan revitalisasi di sektor pertanian dengan menerbitkan kebijakan yang pro petani.  

Politikus PKB itu mewanti-wanti pemerintah agar lebih serius bekerja mengatasi isu-isu krusial di sektor pertanian. 

"Semakin tahun, lahan pertanian kita jelas semakin susut, kebijakan impor komoditas pangan masih dominan, dan mekanisme pasar makin tidak terkontrol. Jika tidak dilakukan evaluasi dan revitalisasi secara menyeluruh, nasib petani kita akan makin mengenaskan," kata  Anggia dalam keterangan tertulis kepada Kompas TV, Jumat (24/9/2021). 

Baca Juga: Pemerintah Dorong Akses KUR dan Regenerasi Petani Milenial

Menurut dia, sejumlah isu sektor pangan yang mencuat belakangan ini, seperti mahalnya harga pakan ternak dan kebijakan impor komoditas pangan yang masih cukup tinggi. 

Bahkan, adanya perbedaan persepsi terkait stok jagung antara Kementan dan Kemendag, menunjukkan belum adanya sinergi kebijakan pemerintah di sektor pangan.

"Tantangan pertanian sekaligus nasib petani kita benar-benar dipertaruhkan. Revitalisasi kebijakan sektor pertanian mutlak harus dilakukan agar kondisi petani kita tidak makin memburuk," ujarnya. 

Selain itu, sebagai negara agraris, Indonesia mestinya belajar dari negara-negara yang mampu mengoptimalkan potensi pertaniannya menjadi sektor unggulan. 

"Di Asia Tenggara ada Thailand dan Vietnam yang makin berjaya pertaniannya, bahkan mengalahkan kita meskipun luasan lahan dan kekayaan alamnya jauh di bawah kita. Malu kita menjadi negara agraris tapi lemah dalam pengelolaannya," katanya. 

Baca Juga: Akibat Curah Hujan Tinggi Petani Tembakau Di Kediri Terancam Gagal Panen

Ia menambahkan, dengan negara mempedulikan petani, maka perekonomian Indonesia akan aman dari serangan krisis apapun. 

"Kontribusi petani kita itu riil terhadap ketahanan pangan dan ekonomi kita. Mestinya kita harus lebih serius lagi membenahi kelemahan di sana-sini. Sudah saatnya kita menata pertanian kita tidak lagi sebagai business as usual, tapi sebagai bagian dari potensi kongkrit dan trigger utama penggerak kemajuan bangsa," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.