Kompas TV regional berita daerah

Meski Pandemi, Kendal Ngegas Investasi

Kompas.tv - 24 September 2021, 15:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Meskipun dalam kondisi pandemi, namun Kabupaten Kendal berhasil mencatatkan nilai investasi yang terus meningkat. Prospek investasi Kabupaten Kendal membuat Kementrian Investasi RI datang langsung untuk melihat langsung perusahaan-perusahan yang ada di kawasan ekonomi khusus dan di kawasan zona yang diperuntukan untuk industri.

Kunjungan rombongan Kementrian Investasi RI ke Kawasan Industri Khusus (KIK) ini merupakan tindak lanjut dari MOU Pemerintah Kabupaten Kendal dengan 8 pelaku usaha di Kabupaten Kendal. Rombongan ini ingin melihat langsung kondisi perusahaan yang sebagian besar berada di kawasan KIK Kendal. 

Sebagai tindak lanjut MOU tersebut, rencananya 8 pelaku usaha ini akan mendapatkan insentif berupa tax holiday dan tax ekselon dari Kementerian Investasi. Selain itu, mereka juga berkomitmen akan menggandeng pelaku UMKM di Kendal agar lebih bergairah dan meningkatkan pertumbuhan UMKM di Kendal.

Menurut Bupati Kendal, progres pembangunan KIK saat ini ada 20 tenant yang sudah produksi, 11 pabrik sedang kontruksi dan 60 pengusaha yang sudah membeli lahan.

"Sekarang-kan sudah ada 20 tenant yang produksi, ada 11 yang lagi konstruksi, ada 60 yang sudah membeli lahan, artinya progresnya dari awal sampai hari ini cukup baik, tapi harapan kita kedepannya akan kita kejar biar cepat lagi. Biar kawasan industri ini cepat berkembang, menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi bisa mengambil dari Kendal, dan efek domino dari perekonomian cepat terbangun" ujar Dico M. Ganinduto, Bupati Kendal.

Sementara itu, Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi RI, merasa puas karena di tengah pandemi, Kabupaten Kendal berhasil mencatatkan kenaikan investasi.

"Dilihat dengan Kawasan Ekonomi Khusus Kendal yang ketika pada situasi pandemi justru dia bisa mendapatkan tenant-tenant dari investor asing, yang dia bukan tenant kecil namun besar yang bisa mensuplay kebutuhan internasional" ujar Nurul Ichwan, Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi RI.

Investor yang masuk di Kendal selama pandemi ini bukan investor kecil melainkan investor asing yang memiliki pangsa pasar internasional.

#kendal #investasi #umkm



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x