Kompas TV nasional peristiwa

Ketua MPR: Usut Tuntas Penyerangan Tokoh Agama

Kompas.tv - 24 September 2021, 14:22 WIB
ketua-mpr-usut-tuntas-penyerangan-tokoh-agama
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat memberikan sosialisasi empat pilar secara virtual (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dengan tegas meminta aparat kepolisian untuk segera mengusut kasus penyerangan tokoh agama yang terjadi  di sejumlah daerah   di Indonesia.

Ia juga mengutuk tindakan penyerangan ini  dan  minta pihak berwajib mengusut tuntas motif para pelaku.

“Saya mengutuk keras atas penyerangan oleh orang atau sekelompok orang terhadap masyarakat, khususnya tokoh agama. Meminta aparat kepolisian segera menindaklanjuti kejadian tersebut dengan mengusut tuntas kasus ini secara hukum berlaku, siapa pun pelakunya,” tutur Bambang Soesatyo, Jumat (24/9/21) sebagaimana dikutip ANTARA.

Ungkapan Bamsoet, begitu ia biasa disapa, ini terkait erat dengan penyerangan terhadap  seorang Ustaz di Tangerang beberapa hari lalu di Tangerang, Minggu (19/9/21) dan penyerangan Ustaz di sebuah masjid di Batam, Senin (20/9/21).

Bahkan sebelumnya, penyerangan juga terjadi di  sejumlah daerah dengan pelaku yang dinyatakan memiki gangguan jiwa. 

Baca Juga: Ustaz Sedang Ceramah Diserang Orang Tidak Dikenal

Ia juga meminta polri transparan dalam penyidikan kasus ini. Agar menciptakan keadilan. Karena kasus penyerangan terhadap tokoh agama/ulama selama ini selalu dikaitkan dengan kondisi kejiwaan pelaku.

“Untuk itu, kasus penyerangan yang menyasar tokoh agama ini tentu tidak lepas dari sebab musabab,” ujarnya.

Bamsoet juga meminta komitmen pemerintah dan apparat agar dapat memastikan peristiwa serupa tidak terulang. Agar, ketenteraman tetap terjadi di masyarakat. Tokoh agama itu sentral.

“Ini penting, agar para tokoh agama mendapatkan kepastian keamanan dalam beribadah, meyampaikan tausiuah dan tidak memancing umat beragama marasa diadu domba,” ujarnya.

Ia juga meminta para tokoh agama agar tidak terpancing emosi dan senantiasa menyampaikan pesan keagamaan yang ramah di tengah kemajemukan yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Ustaz di Batam Diserang Orang Tak Dikenal Saat Ceramah di Masjid

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x