Kompas TV internasional kompas dunia

Legislator AS Gulirkan RUU yang Serukan Penghentian Pendudukan Israel terhadap Wilayah Palestina

Jumat, 24 September 2021 | 13:54 WIB
legislator-as-gulirkan-ruu-yang-serukan-penghentian-pendudukan-israel-terhadap-wilayah-palestina
Tentara Israel menyerang warga Palestina yang akan berunjuk rasa mendukung Nabi Muhammad di Masjid Al-Aqsa, Jumat (18/6/2021). (Sumber: AP Photo/Mahmoud Illean)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Sejumlah legislator dari Partai Demokrat di Amerika Serikat (AS) menggulirkan rancangan undang-undang (RUU) yang akan memperkuat dukungan terhadap solusi dua negara dalam masalah Israel-Palestina.

Namun, pegiat hak asasi manusia Palestina menilai RUU tersebut kurang kuat dalam menekan Israel.

RUU yang dijuluki Undang-Undang Solusi Dua Negara tersebut juga meminta dilakukannya “pengawasan yang ketat” terhadap bantuan militer AS untuk Israel guna memastikan uang tersebut tidak digunakan untuk melanggar hak asasi manusia.

RUU tersebut diajukan oleh anggota Kongres Andy Levin pada Kamis (23/9/2021) dan akan memperjelas perbedaan antara Israel dan wilayah Palestina yang didudukinya termasuk Yerusalem Timur.

“RUU ini memperjelas bahwa bantuan untuk membantu Israel menangani tantangan-tantangan keamanannya yang sangat riil mesti dilanjutkan tanpa berkurang 1 dolar pun,” ujar Levin dalam konferensi pers di Washington seperti dikutip dari Al Jazeera.

“Tapi ini tidak dapat digunakan dengan cara melanggar hak asasi manusia yang diakui secara internasional, atau untuk aktivitas-aktivitas yang akan melanggengkan pendudukan atau memungkinkan pencaplokan wilayah secara de facto atau de jure,” imbuhnya.

Baca Juga: Sendok Jadi Simbol Perlawanan Baru Palestina Usai Kaburnya 6 Tahanan dari Penjara Angker Israel

Levin yang mewakili negara bagian Michigan mengatakan, masalah Kongres berhak untuk mempertanyakan bagaimana uang hasil pajak akan digunakan bukanlah sesuatu yang baru. Tapi dalam kasus ini, sambungnya, hal ini “penting jika kita serius ingin mewujudkan solusi dua negara dan menjunjung hak asasi manusia warga Israel dan Palestina.”

RUU yang diajukan Levin tersebut muncul di tengah perdebatan tentang bantuan AS untuk Israel. Sejumlah legislator menyerukan diterapkan syarat atas pemberian bantuan militer sebesar 3,8 miliar dolar per tahun kepada pemerintah Israel.

RUU tersebut juga menyeru kepada pemerintah AS untuk mempertahankan hubungan diplomatik dengan Palestina dengan membuka kembali kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington, dan konsulat AS di Yerusalem Timur. Keduanya ditutup oleh mantan Presiden AS Donald Trump.

Penulis : Edy A. Putra | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:18
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19