Kompas TV nasional peristiwa

AJI dan Maveric Indonesia Luncurkan Program Konseling Jurnalis agar Tetap Sehat Mental saat Pandemi

Kompas.tv - 24 September 2021, 11:22 WIB
aji-dan-maveric-indonesia-luncurkan-program-konseling-jurnalis-agar-tetap-sehat-mental-saat-pandemi
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Maveric Indonesia meluncurkan program bernama #UntukJurnalisID dan Perawatan Pulih Jiwa yang dapat membantu menjaga kesehatan mental para jurnalis Tanah Air di masa pandemi Covid-19. (Sumber: Instagram/mavgram)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Maveric Indonesia meluncurkan program bernama #UntukJurnalisID dan Perawatan Pulih Jiwa yang dapat membantu menjaga kesehatan mental para jurnalis Tanah Air di masa pandemi Covid-19.

“Karena itu, program #UntukJurnalisID dan Perawatan Pulih Jiwa penting, sebagai salah satu upaya memastikan agar jurnalis tetap dapat bekerja pada masa pandemi. Di sisi lain, publik dapat tetap mengakses berita agar dapat mengambil keputusan yang tepat bagi mereka sepanjang pandemi," kata Ketua AJI Indonesia Sasmito Madrim dikutip dari Antara, Jumat (24/9/2021).

Lebih lanjut, Sasmito menyatakan menjaga kesehatan mental menjadi salah satu indikator kesehatan yang harus diperhatikan selama pandemi.

Adapun penyebab yang bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan mental terhadap jurnalis, yaitu beban kerja yang panjang, perubahan pola kerja yang banyak dilakukan melalui jaringan, dan kurangnya interaksi langsung.

Oleh karena itu, program #UntukJurnalisID dan Perawatan Pulih Jiwa akan berfokus pada kesehatan mental yang akan terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu sharing session bersama psikolog profesional dan sesi one-on-one counselling yang bekerja sama dengan Yayasan Pulih.

Adapun dalam kegiatan sharing session pihaknya mengangkat tema “Pentingnya Merawat Kesehatan Mental di Masa Pandemi” yang telah berlangsung tiga kali sejak Juni lalu. Sedangkan kegiatan one-on-one counselling telah berjalan sejak awal September.

Baca Juga: Jika Konten ‘Megawati Koma’ Karya Jurnalistik, Dewan Pers Bakal Lindungi Hersubeno Arief

Sementara itu, bagi jurnalis yang sedang terpapar Covid-19, dapat mengikuti program tersebut dengan menghubungi [email protected] atau [email protected] untuk mendapatkan dana bantuan.

Sedangkan bagi jurnalis yang ingin mengikuti kegiatan sharing session dan sesi one-on-one counselling, dapat mengetahui informasi lebih lanjut melalui media sosial AJI Indonesia dan Maverick Indonesia.

Hingga saat ini, program tersebut telah membantu sebanyak 192 jurnalis di seluruh Tanah Air.

Senada dengan Ketua AJI, Direktur Maverick Indonesia Lita Soenardi juga menyatakan pihaknya berharap jurnalis yang mengikuti program Perawatan Pulih Jiwa, baik berupa sharing session maupun sesi konseling pribadi bisa mendapat energi baru dalam mengatasi tekanan pekerjaan yang dihadapinya.

Terlebih, kata Lita, kesehatan mental merupakan fokus isu bagi Maverick. Pihaknya berharap melalui program yang diadakan ini para jurnalis tidak merasa sendiri dalam mengatasi permasalahan di masa pandemi.

“Perawatan kesehatan mental adalah isu yang perlu menjadi perhatian dan menjadi fokus kami. Kami berharap rekan jurnalis tidak merasa sendiri dalam mengatasi permasalahan di masa pandemi ini,” ungkap Lita.

Baca Juga: Panduan Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Lonjakan Pendemi Covid-19



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x