Kompas TV regional berita daerah

Hutan Alam Sekunder Dimanfaatkan Untuk Kesejahteraan Petani di Pemalang

Kompas.tv - 24 September 2021, 11:03 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV- Memanfaatkan hutan alam sekunder di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah Lembaga Pengembangan Masyarakat Desa dan Perlindungan Hutan (LPMDPH) membuat pusat pembelajaran pertanian hutan. Nantinya pusat pembelajaran pertanian hutan itu bertujuan untuk mensejahterakan petani sekitar.

 

Konsep agroforestry learning centre (ALC) atau pusat pembelajaran pertanian hutan oleh LPMDPH berada di lahan perhutani petak 53 Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Para petani di sekitar hutan kini sudah memulai menanam jenis buah-buahan sayur tambak ikan hingga mempersiapkan tempat untuk beternak.

 

Nantinya dalam beberapa tahun kedepan pusat pembelajaran pertanian hutan itu akan menjadi lokasi masyarakat yang ingin berwisata. Mengenal alam hingga belajar untuk bertani dan beternak. Pembuatan agroforestry learning center  menjadi salah satu role model pengentasan kemiskinan bagi masyarakat di sekitar hutan. Serta meningkatkan kualitas sdm petani sekitar kawasan hutan dan perbaikan ekonomi warga serta menjadikan wilayah hutan sebagai cadangan pangan nasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x