Kompas TV olahraga kompas sport

Jika Nasib Koeman di Ujung Tanduk, Apakah Xavi Bersedia Nakhodai Barcelona?

Kompas.tv - 23 September 2021, 23:45 WIB
jika-nasib-koeman-di-ujung-tanduk-apakah-xavi-bersedia-nakhodai-barcelona
Legenda Barcelona Xavi Hernandez yang dikaitkan bakal melatih Blaugrana dalam waktu dekat. (Sumber: instagram@xavi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

BARCELONA, KOMPAS.TV - Xavi Hernandez mungkin bisa melatih klub yang membesarkan namanya, Barcelona mengingat masa depan Ronald Koeman yang masih belum jelas. 

Xavi belakangan ini dihubungkan dengan Barcelona setelah hasil buruk yang diterima Blaugrana dalam beberapa pertandingan terakhir bersama Koeman. 

Xavi yang merupakan seorang legenda di Camp Nou dengan total penampilan 767 pertandingan disebut menjadi sosok yang paling cocok dengan filosofi klub. 

Ia disebut memiliki gaya permainan yang sama dengan Pep Guardiola, mempunyai pengalaman melatih klub Qatar Al Sadd, hingga kedekatannya dengan berbagai stakeholder Barcelona membuat Xavi menjadi favorit penggemar untuk menakhodai skuad Catalan. 

Namun, Xavi saat ini belum mau bernegosiasi dengan Barcelona. Dia menghormati posisi Koeman yang sekarang masih sah sebagai juru taktik. 

Meski Xavi mengaku sedih dengan kondisi Barcelona sekarang, namun ia menegaskan tak ingin mengkhianati Koeman dengan bernegosiasi secara diam-diam. 

Presiden Barcelona Joan Laporta yang memiliki kedekatan dengan Xavi tampaknya juga bersiap untuk melakukan pembicaraan secara empat mata. 

Baca Juga: Legenda Bayern: Tanpa Messi, Jiwa Barcelona Tercabik-cabik

Tapi Laporta masih menunggu bagaimana kelanjutan performa Barcelona di bawah Koeman. 

Laporta juga tak khawatir Xavi akan melatih tim lain karena ia yakin pemain lulusan akademi La Masia itu lebih memilih Barcelona sebagai klub masa depannya. 

Xavi sendiri saat ini mengaku masih betah dan bahagia di Qatar. Ia bahkan baru saja menandatangani kontrak baru bersama Al Sadd hingga 2022 mendatang. 

Bersama Al Sadd, Xavi mempunyai karier yang sukses dengan ia berhasil mempersembahkan satu gelar liga, dua Piala Qatar, satu Piala Super Qatar, Piala Emir, dan Piala Bintang Qatar. 

Pada bulan Oktober, Al Sadd dan Xavi dijadwalkan akan menghadapi Al Rayyan yang dilatih Laurent Blanc di final Piala Emir.

Dengan kedekatan Xavi dan Qatar, Barcelona juga tak bisa serta merta melakukan negosiasi. Setidaknya, Barcelona harus meminta izin kepada para pemilik klub Qatar dengan harapan mereka tidak menghalanginya kembali ke Catalan. 

Jadi apakah Xavi mungkin kembali Barcelona? Mungkin, tapi banyak hal yang harus dilakukan pihak Blaugrana agar ia mau kembali ke Camp Nou.

Baca Juga: Conte dan Pirlo Jadi Alternatif Barcelona Gantikan Koeman?

 



Sumber : Kompas TV/MARCA

BERITA LAINNYA



Close Ads x