Kompas TV religi beranda islami

Doa untuk Kedua Orang Tua, Bisa Diajarkan untuk Anak-Anak

Kompas.tv - 23 September 2021, 18:39 WIB
doa-untuk-kedua-orang-tua-bisa-diajarkan-untuk-anak-anak
ilustrasi: cinta orang tua kepada anak yang abadi. (Sumber: Ana Tablas/Unplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini merupakan doa untuk kedua orang tua kita. Doa untuk kedua orang tua ini juga sebaiknya diajarkan ke anak-anak sejak usai dini.

Anda bisa memulai mengajarkan ke anak-anak kita dengan cara melantunkannya bersama-sama. Anda bisa melantukannya usai salat bersama hingga ketika belajar. Hematnya, ajaran ini seraya ajakan untuk memahami arti dan makna yang terkadang di dalamnya. 

Percayalah, anak-anak generasi saat ini akan lebih mudah dikenalkan jika doa itu tidak dikenalkan hanya sebagai sekadar hafalan. Anda bisa juga mulai dengan cerita-cerita keluarga, kisah Rasul atau semacamnya.

Baca Juga: Doa Usai Berhubungan Suami Istri di Malam Jumat, Raih Berkah Berumah Tangga

Begini doa kedua orang tua yang bisa diajarkan ke anak-anak kita:

RABBIGFIR LIY WAALIWADIAYYA WARHAMHUMA KAMA RABBAYANI SHOGIIRO

Artinya: Tuhanku, Ampunilah dosa-dosaku dan kedua orang tuaku, serta kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku sewaktu kecil.

Begitulah. Mengajari anak untuk berbakti kepada orang tua adalah selemah-lemahnya cara kita sebagai orang tua agar kelak, di masa depan, anak kita juga melakuka hal serupa kepada anak-anaknya. Saling sambung menyambung soal rasa, saling mengikat cinta dengan doa.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Isra ayat 23 tentang bertapa kita disuruh untuk senantiasa berbakti kepada orang tua.

Lagipula, umur, jodoh dan rezeki adalah rahasia Allah. Kita tidak akan pernah tahu, sampai kapan kita akan bersama orang yang kita cinta itu. 

Baca Juga: Tiga Waktu Paling Mustajab agar Doa Lebih Mudah Dikabulkan

Firman Allah dalam Alquran ayat al-Isra ayat 23 begini:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. "(QS. Al Isra: 23).

Semoga Allah selalu melindungi kita dan anak-anak kita di mana pun berada. Amin. Wallahu a’lam bisshowab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.