Kompas TV regional berita daerah

Akibat Curah Hujan Tinggi Petani Tembakau Di Kediri Terancam Gagal Panen

Kompas.tv - 23 September 2021, 17:56 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Tanaman tembakau milik petani di kecamatan Semen kabupaten Kediri ini, kini kondisinya rusak. Bagian batang tanaman membusuk serta daun tembakau banyak yang menguning dan kering.

Rusaknya tanaman tembakau tersebut merupakan dampak dari tingginya curah hujan yang terjadi beberapa pekan terakhir. Berlimpahnya air justru membuat batang tanaman tembau lebih mudah busuk.

Akibatnya, hasil panen petani merosot hingga 75 persen. Jika pada cuaca normal hasil penen tembakau mencapai 7 kuintal, namun di musim seperti ini hasil panennya hanya berkisar 3 kuintal saja.

Selain busuk tanaman tembakau milik petani kini juga mulai diserang hama ulat. Para petani kini harus bekerja ekstra untuk membasmi hama tersebut tanpa menggunakan bahan kimia.

Sementara itu, harga tembakau kering sendiri kini berkisar antara 20 hingga 40 ribu rupiah, tergantung kualitas yang dihasilkan.

#Kediri #Pertanian #Tembakau #Rokok #Cuacaburuk #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.