Kompas TV nasional update

Munas-Konbes NU 2021: Pertama dalam Sejarah, Pertemuan Ulama NU Digelar Saat Wabah

Kompas.tv - 23 September 2021, 17:51 WIB
munas-konbes-nu-2021-pertama-dalam-sejarah-pertemuan-ulama-nu-digelar-saat-wabah
Munas dan Konbes NU 2021 digelar, pertemuan tertinggi kedua setelah muktamar di NU (Sumber: panitia munas dan konbes Nu 2021)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Musyawarah Besar dan Konferensi Besar (Konbes) Alim Ulama pada tanggal 25-26 September besok secara luring di Grand Syahid Jakarta.

Forum Musyawarah Alim Ulama ini diselenggarakan saat wabah pandemi Covid-19 masih ada. Bagaimana bisa?

“Sebenarnya forum ini dilakukan dalam kondisi darurat. Sebab, masa kepengurusan PBNU sebenarnya sudah habis pada 2015-2020, tapi berhubung pandemi jadi berdasarkan musyawarah mufakat antar pengurus masa bakti itu diperpanjang masa kepengurusannya, termasuk penyelenggaraan musyawarah Alim Ulama ini,” tutur KH Ahmad Ishomudin.

Gus Ishom, begitu Ulama asal Lampung ini biasa disapa, juga menjelaskan tahun lalu sebenarnya sudah akan diselengarakan munas Alim Ulama ini. Tapi, para kiai memutuskan untuk menunda mengingat kondisinya pandemi yang meninggi.

Lalu, apakah Munas-Konbes pernah dilakukan di zaman dahulu ketika terjadi wabah atau sejenisnya?

“Belum pernah. Ini baru pertama dalam sejarah saya kira. Pertemuan alim ulama dilakukan ketika wabah. Tapi, Alhamdulilah (kasus) sudah menurun dan kami akan protokol kesehatan dengan sangat ketat,” tuturnya

Savic Ali, koordinator media Konbes-Munas NU 2021 juga menambahkan, pandemi ini mengubah banyak hal. Termasuk cara berorganisasi NU juga beradaptasi.

Ia juga menjelaskan,  ini kali pertama dalam sejarah Musyawarah NU yang biasanya dihadiri ribuan orang, tapi kali ini dilakukan dengan hanya menghadirkan sedikit sekali jamaah NU.

“Beda dengan Lombok maupun di Banjar 2019 lalu, tidak ada lagi kongkow-kongkow seperti tradisi NU, maupun cium tangan kiai atau semacamnya,” tutur Savic Ali, koordinator media Konbes-NU.

Munas-Konbes NU adalah pertemuan tertinggi kedua setelah muktamar. Pertemuan ini juga merupakan pertemuan para alim Ulama terakhir sebelum dilakukan pemilihan ketua PBNU pada gelaran muktamar mendatang. Keputusan muktamar kapan, bagaimana dan mungkin siapa saja calonnya bisa jadi ditentukan dalam forum ini.

Baca Juga: Munas-Konbes NU 2021: Dibuka Wapres Ma'ruf Amin, Dilarang Cium Tangan Kiai

Baca Juga: PBNU akan Gelar Munas dan Konbes NU 2021 di Jakarta dengan Prokes Ketat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x