Kompas TV nasional agama

Ketua Umum Partai Golkar akan Hadiri Haul Ki Ageng Gribig

Kompas.tv - 23 September 2021, 17:45 WIB
ketua-umum-partai-golkar-akan-hadiri-haul-ki-ageng-gribig
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (kiri) dan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf saat menghadiri acara Indonesia Bersholawat yang digelar Majelis Ahlul Hidayah (AH) di kediaman Pemimpin Ahbabul Musthofa Habib Syech Abdul Qodir Assegaf, Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam (14/8/2021). (Sumber: Kompas TV/Ant/HO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan menghadiri kegiatan haul dan sholawat dalam memperingati wafat leluhurnya, Ki Ageng Gribig, pada Kamis (23/9/2021).

Diketahui, Ki Ageng Gribig adalah ulama besar yang menyebarkan syiar agama Islam di wilayah Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. 

Selama ratusan tahun sejak tahun 1600-an, Ki Ageng Gribig telah mewariskan tradisi yang disebut Saparan. 

Masyarakat setempat juga mengenal dengan tradisi Ya Qowiyyu. Ya Qowiyyu sendiri diyakini berasal dari lantunan doa Yaa Qowiyyu, yaa aziz Qowwina wal muslimin, yaa qowiyyu warzuqna wal masulimin. Bacaan tersebut umum diamalkan sebagai doa memohon kekuatan.

Baca Juga: Ratusan Baliho Pejabat Bertebaran di Tengah Pandemi, dari Puan hingga Airlangga - SISITV

Nantinya, acara itu akan dikomandoi Majelis Dzikir dan Sholawat Ahlul Hidayah pimpinan Nusron Wahid yang digelar di area makam Ki Ageng Gribig.

Nusron Wahid mengatakan, acara haul Ki Ageng Gribig juga dihadiri Pimpinan Majelis Ahbabul Musthofa Solo Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dan Wakil Mudir'Aam Imdlodiyah Idaroh 'Aliyah JATMAN, Habib Umar Al Muthohar.

Selain dua habib itu, ia menjelaskan bahwa acara haul yang sejak ratusan tahun lalu diadakan di minggu kedua bulan Safar itu juga akan dihadiri ulama se-Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, acara akan digelar dengan model hybrid dan sebagian besar jamaah mengikuti secara daring," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Sementara di lokasi, kata Nusron, ulama yang hadir sangat terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Acara ini untuk menandai sekaligus meneladani perjuangan ulama besar bernama Mbah Gribig (Ki Ageng Gribig), keturunan Raja Majapahit Brawijaya V dari Sultan Agung, Mataram," kata dia.

Ia menyebut, Airlangga yang merupakan Mustasyar Aam atau Ketua Dewan Penasihat Majelis AH adalah Pemangku makam Ki Ageng Gribig.

"Dari silsilah leluhur Jawa, Ki Ageng Gribig adalah cucu Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit, putra dari R.M. Guntur atau Prabu Wasi Jolodoro," katanya.

Secara teknis, Majelis AH akan menyiarkan langsung acara haul di laman Youtube. 

Selain itu, panitia juga menyediakan siaran daring dengan link zoom dibagi ke dalam 5 zona, yakni zona 1 Sumatera, zona 2 Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, zona 3 Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, zona 4 Jawa Timur dan zona 5 Kalimantan dan Indonesia Timur.

Baca Juga: Bunga KUR 3 Persen, Airlangga Yakin Rentenir Tidak Akan Bisa Saingi

Selain tradisi Ya Qowiyyu, selama ratusan tahun juga digelar acara pembagian apem kepada masyarakat sekitar. Saban tahunnya, Airlangga sejak kecil rutin menghadiri haul bersama ayahnya R. Hartarto Sastrosoenarto.

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x