Kompas TV nasional berita utama

Presiden AS Joe Biden AJak Jokowi Diskusikan Penanganan Covid-19, Ini 3 Hal yang Disampaikan

Kamis, 23 September 2021 | 14:45 WIB
presiden-as-joe-biden-ajak-jokowi-diskusikan-penanganan-covid-19-ini-3-hal-yang-disampaikan
Presiden Joko Widodo berpidato dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-76 secara virtual, Rabu, 22 September 2021 waktu New York, Amerika Serikat. (Sumber: Associated Press)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengundang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk berdiskusi soal penanganan pandemi Covid-19 secara global. Diskusi kedua kepala negara tersebut, dilakukan di sela perhelatan sidang umum PBB, Rabu (23/9/2021).

“Joko Widodo, Presiden Indonesia menekankan yang pertama bahwa perlu segera dibangun arsitektur sistem ketahanan kesehatan global yang baru, melihat bahwa sistem kesehatan dunia itu sifatnya tidak global,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

“Dengan adanya pandemi ini terlihat sekali bahwa system kesehatan satu negara sangat erat hubungannya dengan sistem kesehatan negara lain dan kalau kita melihat bahwa di sistem keuangan dunia sudah tertata secara global arsitektur dengan baik. Maka Indonesia merasa perlu bahwa arsitektur sistem kesehatan global juga ditata dengan baik.”

Baca Juga: Anggota Komisi I: Presiden Jokowi Akan Kirim Surpres Calon Panglima TNI Usai PON Papua

Selain itu, Presiden Jokowi menyampaikan perlunya dibangun mekanisme global untuk sumber daya kesehatan yang bisa diakses oleh seluruh negara. Terutama negara-negara berkembang bila mereka menghadapi krisis kesehatan sama seperti sistem ketahanan keuangan global yang dibangun dalam bentuk mekanisme IMF.

“Yang tata kelolanya sudah jelas partisipasinya juga sudah jelas dan sudah terbukti bisa menyelamatkan kondisi keuangan baik secara fiskal atau moneter di negara-negara berkembang bila ada masalah bisa dibantu,” ujarnya.

“Indonesia merasa bahwa kita perlu membangun system support kesehatan secara global yang mirip dengan system support keuangan secara global seperti adanya IMF tersebut.”

Selanjutnya, kata Menkes, Presiden Jokowi juga menuturkan soal pentingnya menyusun protokol kesehatan yang standar bagi semua negara. Sehingga semua aktivitas global, baik itu transportasi atau pun kegiatan hingga pertemuan bisa diikuti dengan standar protokol yang sama.

Baca Juga: Presiden Jokowi Naik Perahu Sapa Warga Tritih Kulon Cilacap di Seberang Sungai

“Kita harus standarisasikan agar memudahkan gerakan dari seluruh orang ke seluruh negara di dunia ini,” ujarnya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Syarat Masuk Bali Wajib Tes PCR

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:02 WIB
Berita Daerah

IDI Gorontalo Usut Sengketa Medis

Senin, 25 Oktober 2021 | 13:42 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19