Kompas TV entertainment film

Squid Game Disebut Plagiat Film Jepang As The Gods Will, Ini Kata Sutradara

Kompas.tv - 23 September 2021, 14:37 WIB
squid-game-disebut-plagiat-film-jepang-as-the-gods-will-ini-kata-sutradara
Poster Squid Game, serial terbaru Netflix tentang permainan bertahan hidup (Sumber: Soompi)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Serial drama Korea berjudul Squid Game menghadapi tudingan dari netizen yang menyebutnya plagiat film Jepang berjudul As The Gods Will.

Serial yang dirilis pada 17 September 2021 ini memang menjadi salah satu serial yang ramai ditonton dan menduduki peringkat kedua di Netflix setelah Sex Education.

Sayangnya, di tengah popularitasnya yang makin tinggi, tudingan plagiasi muncul. Netizen memperhatikan dugaan kesamaan antara plot dari Squid Game dan As The Gods Will, di mana kedua film ini sama-sama melibatkan pertandingan survival death dengan permainan masa kanak-kanak.

Baca Juga: Selain 'Squid Game', Ini Rekomendasi 4 Film dan Drama Bertema Survival Game dari Berbagai Negara

Seorang netizen Korea Selatan baru-baru ini mengunggah kompilasi tangkapan layar yang menunjukkan kesamaan antara dua film tersebut.

Beberapa bidikan close-up, seperti kepala boneka raksasa dalam permainan ‘Red Light Green Light, hitungan waktu mundur, hingga ekspresi para aktor.

Di sisi lain, beberapa netizen juga membela serial Squid Game dan meneruskan pernyataan dari sutradara Hwang Dong Hyuk yang mengatakan bahwa skrip Squid Game telah digarap sejak 2008.

Selain itu, sutradara Hwang mengakui bahwa permainan pertama memang mirip dengan film Jepang tersebut.

“Memang bernar (permainan pertama) mirip, tapi setelah itu tidak ada kesamaan lagi. Saya mengerjakan (Squid Game) pada 2008 dan 2009, dan pada saat itu game pertama sudah ditetapkan sebagai Red Light Green Light,” kata Hwang, dikutip dari NME, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Sinopsis Squid Game, Drakor Thriller Terbaru di Netflix

Dia juga menunjukkan bahwa As The Gods Will dibuat pada tahun 2010-an dan menegaskan dirinya telah membuat Squid Game lebih dulu.

“Ini bukan sesuatu yang ingin saya lakukan, (untuk mengklaim) kepemilikan cerita ini. Tetapi jika saya ingin mengatakan, saya akan mengatakan bahwa saya melakukannya terlebih dahulu,” kata Hwang menjelaskan.

Untuk diketahui, Squid Game merupakan serial yang menceritakan sekelompok orang yang ditangkap untuk memainkan permainan masa kecil mereka dan yang berhasil akan mendapatkan hadiah.

 



Sumber : Kompas TV/NME

BERITA LAINNYA



Close Ads x