Kompas TV nasional politik

Anggota Komisi I: Presiden Jokowi Akan Kirim Surpres Calon Panglima TNI Usai PON Papua

Kompas.tv - 23 September 2021, 14:05 WIB
anggota-komisi-i-presiden-jokowi-akan-kirim-surpres-calon-panglima-tni-usai-pon-papua
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Tubagus Hasanuddin alias TB Hasanuddin. (Sumber: TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti


JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menyebut Presiden Joko Widodo akan mengirim surat presiden (Surpres) terkait calon Panglima TNI setelah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua selesai. 

Politikus PDIP itu menyatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima surpres ataupun bocoran nama yang akan dipilih Kepala Negara menjadi Panglima TNI.

Baca Juga: Puan Harap Panglima TNI yang Baru Bisa Kendalikan Keamanan di Papua

"Menurut prediksi saya, karena Panglima TNI ditunjuk menjadi penanggung jawab pengamanan PON XX di Papua, maka diperkirakan Surat Presiden bisa jadi setelah pelaksanaan PON," kata TB Hasanuddin seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/9/2021). 

Menurut dia, tak menjadi masalah apabila surpres calon Panglima TNI keluar setelah pelaksanaan PON XX, karena Komisi I masih memiliki waktu untuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan.

Ia menyebut, DPR RI akan melaksanakan reses pada 8 Oktober hingga 7 November.

"Dari tanggal 8-29 November 2021 adalah waktu untuk melakukan uji kelayakan. Jadi masih memenuhi syarat," ujarnya.

Baca Juga: Anggota Komisi I Minta Jokowi Segera Kirim Nama Pengganti Panglima TNI Sebelum November

Ia menjelaskan, nantinya serah terima jabatan Panglima TNI bisa dilakukan pada pekan kedua atau ketiga bulan November 2021 karena Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun pada 1 Desember 2021.

Saat ini, ada dua kandidat yang bakal menjadi Panglima TNI. Mereka Adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa, dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.