Kompas TV regional berita daerah

Siswa dan Guru MTs di Jepara Positif Covid-19

Kompas.tv - 23 September 2021, 12:30 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Pembelajaran tatap muka (PTM) di sebuah madrasah tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Jepara terpaksa dihentikan, setelah puluhan siswa dan guru dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebanyak 25 siswa dan tiga orang guru MTs Muttaqin Rengging, Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Saat para siswa hendak mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh puskesmas setempat. Dari hasil skrining, 24 dari 50 siswa yang hendak divaksin dinyatakan tidak lolos dan selanjutnya dilakukan tes usap antigen. Ternyata hasilnya 11 siswa dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

Setelah melakukan koordinasi dengan forkopimcam dan dinas kesehatan selanjutnya dilakukan tracing terhadap seluruh siswa dan guru yang sempat menjani kontak erat dengan siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hasilnya saat ini terdapat 25 siswa dan tiga orang guru dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan bidan desa.

"Diadakan tindakan berikutnya sekitar tanggal 17 untuk diadakan tracing dulu sama teman-teman yang kontak erat yaitu kelas 7. Ada lagi ternyata, 6 diantara guru 3 terpapar, berikutnya diantara 24 siswa ada lagi sekitar 12. Untuk guru yang terkonfirmasi yaitu 3, dan siswanya 25," kata Samudi, kepala sekolah MTs Muttaqin Rengging Pecangaan.

Menyikapi temuan puluhan siswa dan guru MTs di Kabupaten Jepara yang terkonfirmasi positif Covid-19, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo langsung melakukan komunikasi dengan kementerian agama dan meminta menutup kegiatan PTM di sekolah tersebut. Jangan sampai pihak sekolah mendapat stempel gagal saat menggelar uji coba PTM, karena tidak menyadari terjadi penularan Covid-19 di sekolah.

"Ada 28 orang yang terdeteksi, 25 siswa dan 3 guru, maka saya minta langsung komunikasi dengan kemenag, tutup sekolahannya. Nah ini yang menjadi perhatian, jangan sampe uji coba kemudian kita kasih stampel gagal karena kita tidak aware soal itu. Ini yang menjadi catatan penting," ujar Ganjar.

Seluruh siswa dan guru MTs di Kabupaten Jepara yang terpapar Covid-19 dilaporkan kondisinya baik dan tanpa gejala. Tracing dan testing sudah langsung dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 tidak meluas.

#ganjarpranowo #kabupatenjepara #pembelajarantatapmuka



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x