Kompas TV TALKSHOW satu meja

Setelah Bergabung Apakah PAN Masih Bersikap Kritis Kepada Pemerintah? | Satu Meja The Forum (4)

Kompas.tv - 23 September 2021, 12:45 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - PAN akhirnya resmi bergabung di koalisi parpol pendukung Jokowi. Manuver politik ini sebenarnya bisa dibilang ‘basi’. Sebab selama ini PAN sudah intens membangun komunikasi dengan Jokowi.

Selain itu, partai ini juga tak secara tegas memposisikan dirinya sebagai partai oposisi. Langkah PAN merapat ke Istana memberi peluang partai pimpinan Zulkifli Hasan ini mendapat jatah kursi menteri.

Langkah Jokowi merekrut PAN ini dicurigai sebagai strategi untuk memuluskan proses amendemen konstitusi. Pasalnya, dengan bergabungnya PAN rencana merevisi konstitusi tinggal menjentikkan jari.

Langkah ini juga bisa menjadi strategi Jokowi menekan oposisi. Selain itu, langkah Jokowi ini dicurigai sebagai bentuk mitigasi politik terkait koalisi. Pasalnya, jelang Pemilu 2024 parpol anggota koalisi berpotensi berbeda sikap dengan Jokowi dan mengambil langkah sendiri.

Jadi apa sebenarnya motif dari manuver politik Jokowi ini?

#SatuMejaTheForum#PAN#Koalisi 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.