Kompas TV nasional politik

PKS: Pemerintah Harus Serius Jalankan Vaksinasi, Jangan Sampai Dinilai Rakyat Tak Sanggup

Kompas.tv - 23 September 2021, 11:45 WIB
pks-pemerintah-harus-serius-jalankan-vaksinasi-jangan-sampai-dinilai-rakyat-tak-sanggup
Jasa Marga mulai sediakan vaksin Pfizer dalam program vaksinasi drive thru di Jalan Tol Jagorawi, Rabu (22/9/2021). (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Netty Prasetiyani meminta pemerintah untuk serius menjalankan program vaksinasi di berbagai daerah. 

Menurut dia, kepercayaan publik harus dijaga, yang mana vaksinasi aman dan terkendali. Selain itu, pemerintah juga harus bisa meyakinkan masyarakat kalau memang berkompeten menjalankan program ini.

Baca Juga: CDC Masih Berdebat Putuskan Siapa yang Berhak Dapatkan Vaksin Booster

"Jangan sampai rakyat menilai pemerintah tidak sanggup memenuhi janjinya terkait kemudahan akses dan pencapaian target," kata Netty dalam keterangan tertulis kepada Kompas TV, Kamis (23/9/2021). 

Anggota Komisi IX DPR RI ini menilai vaksinasi adalah salah satu upaya untuk melawan pandemi Covid-19. 

"Apabila kekebalan kelompok terwujud, kita berharap Indonesia dapat keluar dari jeratan pandemi yang telah merusak sistem kesehatan, ekonomi dan sosial budaya bangsa,” ujarnya. 

Tak hanya itu, saat ini pemerintah mewajibkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi sebagai persyaratan memasuki tempat-tempat publik dan penggunaan sarana transportasi umum. 

"Mewajibkan sertifikat dan apikasi PeduliLindungi ini akan menjadi masalah tersendiri jika realisasi vaksinasi di lapangan masih rendah sehingga banyak masyarakat yang belum terjangkau," ujarnya. 

Ia berharap seluruh pihak bisa berperan aktif agar terciptanya kekebalan komunal di Indonesia bisa segera terwujud dalam waktu dekat. 

“Masyarakat harus disiplin prokes dan taat aturan PPKM sementara pemerintah sebagai pihak pembuat kebijakan harus menggencarkan testing, tracing dan treatment serta menggalakkan giat vaksinasi di semua kalangan," katanya. 

Baca Juga: Warga Binaan Lapas Pemuda Madiun Terima Vaksin Dosis Pertama

Ia mengingatkan, dalam pelaksanaan program vaksinasi agar tak lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Terjadi kerumunan dan pengabaian prokes di beberapa sentra vaksinasi yang berpotensi terjadinya penularan. Pemerintah harus  memastikan SOP penyelenggaraan vaksinasi berjalan dengan baik.  Jangan karena mengejar target suntikan, kemudian mengabaikan prokes," kata dia.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.