Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Ajak PBB Serius Lawan Intoleransi, Konflik, Terorisme, dan Perang

Kompas.tv - 23 September 2021, 11:16 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengajak seluruh negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk melawan intoleransi, konflik, terorisme, dan perang.

Ajakan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato secara virtual di Sidang Majelis Umum ke-76 PBB, Kamis (23/9/2021).

"Kita harus tetap serius melawan intoleransi, konflik, terorisme, dan perang. Perdamaian dalam keberagaman, jaminan hak perempuan dan kelompok minoritas harus kita tegakkan," ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pidato Jokowi di PBB: Politisasi dan Diskriminasi Vaksin Masih Terjadi

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengungkapkan kekhawatirannya akan potensi kekerasan yang terjadi pada perempuan di Afghanistan.

Jokowi juga menyoroti isu Palestina yang menurutnya semakin jauh dari harapan untuk merdeka.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Pidato di Sidang Majelis Umum PBB, Ini Isu yang Dibawa Indonesia

Ia pun turut mengingatkan negara anggota PBB tentang agenda penyelesaian krisis politik di Myanmar. 

"Potensi praktik kekerasan dan marjinalisasi perempuan di Afghanistan, kemerdekaan Palestina yang semakin jauh dari harapan, serta krisis politik di Myanmar harus menjadi agenda kita bersama. Pemimpin ASEAN telah bertemu di Jakarta dan menghasilkan Five-Point Consensus yang implementasinya membutuhkan komitmen militer Myanmar," pungkasnya.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Sekretariat Presiden

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.