Kompas TV regional berita daerah

Kompak! Relawan Bersihkan Pelabuhan Tegal dari Sampah

Kompas.tv - 23 September 2021, 10:49 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Puluhan relawan dari berbagai organisasi mahasiswa dan pelajar di Kota Tegal Jawa Tengah menggelar aksi pungut sampah di lingkungan Pelabuhan Tegalsari Kota Tegal. Aksi ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dalam rangka memperingati World CleanUp Day atau hari pembersihan sedunia yang jatuh pada tanggal 18 september.

 

Dengan menggunakan alat seadanya puluhan relawan menyisir setiap sudut pelabuhan  untuk memungut sampah. Tidak hanya menyisir area lapang tiap-tiap selokan pun tak luput dari aksi para relawan yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi.

 

Salah seorang mahasiswa Dafa mengatakan sampah yang sudah dikumpulkan kemudian diangkut dan dibawa ke TPA yang selanjutnya akan di pilah agar bisa diolah sesuai dengan jenisnya. Harapannya kegiatan ini menjadi contoh terhadap masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan.

 

Aksi ini sengaja di laksanakan di lingkungan pelabuhan karena kawasan ini terkesan kumuh akibat masih minimnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan. Aktivitas nelayan yang padat serta mengabaikan kebersihan mengakibatkan setiap sudut pelabuhan banyak sampah yang berserakan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.