Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG, 23 September 2021: Waspada Dua Bibit Siklon Tropis, 14 Daerah Terancam Banjir

Kompas.tv - 23 September 2021, 06:05 WIB
peringatan-dini-bmkg-23-september-2021-waspada-dua-bibit-siklon-tropis-14-daerah-terancam-banjir
Ilustrasi banjir karena siklon tropis. BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem dan prakiraan cuaca hari ini di mana 14 daerah berpotensi mengalami banjir. (Sumber: Dokumen warga/istimewa)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem dan prakiraan cuaca hari ini, Kamis (23/9/2021) di mana 14 daerah di Indonesia terancam banjir.

Pantauan BMKG menunjukkan ada keberadaan bibit siklon tropis 90W dan 99W di Laut China Selatan sebelah timur Vietnam dan di Samudera Pasifik utara Papua.

Dua bibit siklon tropis ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar daerah itu.

Cuaca hari ini juga terpengaruh keberadaan sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Papua Barat yang membentuk konvergensi dari Papua hingga perairan barat Papua Barat.

BMKG juga memantau keberadaan gangguan fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO), gelombang Kelvin, gelombang Rossby Ekuator dan gelombang tipe Low Frequency di sejumlah wilayah.

Baca Juga: Simak Tips Aman Terobos Banjir Jika Terpaksa Melintasinya

Berbagai kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan hingga menyebabkan cuaca ekstrem.

Berikut wilayah-wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada 23 September 2021:

Potensi Hujan Lebat 

Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Potensi Angin Kencang

Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.



Sumber : Kompas TV/BMKG

BERITA LAINNYA



Close Ads x