Kompas TV internasional kompas dunia

Perpustakaan Haruki Murakami akan Dibuka di Tokyo Pekan Depan

Kamis, 23 September 2021 | 05:15 WIB
perpustakaan-haruki-murakami-akan-dibuka-di-tokyo-pekan-depan
Salah satu sudut Perpustakaan Haruki Murakami yang menampilkan ribuan karya novelis kenamaan Jepang di Universitas Waseda, Tokyo, Jepang, Rabu (22/9/2021). (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)

TOKYO, KOMPAS.TV – Sebuah perpustakaan yang didedikasikan bagi novelis kenamaan Jepang Haruki Murakami (72) akan dibuka pekan depan di Tokyo.

Perpustakaan yang menyimpan karya tulis, kliping dan koleksi rekaman Murakami ini diharapkan akan menjadi tempat penelitian sastra, pertukaran budaya dan tempat nongkrong para penggemarnya.

Perpustakaan Haruki Murakami yang akan dibuka pada 1 Oktober 2021 di Universitas Waseda, almamater Murakami, ini menampilkan replika  ruang kerjanya dengan sebuah meja sederhana, deretan rak buku dan sebuah pemutar kaset.

Pun, sebuah kafe yang dikelola oleh para mahasiswa yang menyajikan kopi roasting gelap kesukaannya.

“Saya harap tempat ini dapat menjadi tempat bagi para mahasiswa saling bertukar dan mewujudkan ide-ide. Sebuah tempat yang bebas, unik dan segar di kampus universitas,” tutur Murakami dalam konferensi pers Rabu (22/9/2021) seperti dilansir dari Associated Press.

Baca Juga: Sastrawan Haruki Murakami: Hadapi Covid-19, Pemimpin Politik Perlu Bicara Dari Hati Kepada Rakyatnya

Seorang pengunjung tampak berjalan di selasar berupa terowongan hasil karya arsitek Kengo Kuma di Perpustakaan Haruki Murakami di Universitas Waseda, Tokyo, Jepang, Rabu (22/9/2021). (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)

Para pengunjung akan disambut dengan selasar yang berbentuk seperti terowongan di gedung lima tingkat yang dirancang dan direnovasi oleh arsitek Kengo Kuma.

Arsitek perancang stadion Olimpiade Tokyo ini merupakan salah satu penggemar Murakami. Menurut Kuma, terowongan merupakan penggambarannya atas cerita-cerita Murakami, yang tokoh protagonisnya kerap dilukiskan melakukan perjalanan antara kenyataan dan surealis.

Perpustakaan yang resmi disebut Rumah Sastra Internasional Waseda ini kini menampung sekitar 3.000 buku, manuskrip dan materi lain Murakami. Ini termasuk karyanya yang telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa asing dan sebagian koleksi rekaman masifnya.

Di ruang tunggu di samping perpustakaan, dibangun ruang audio yang memamerkan koleksi rekaman Murakami. Beberapa di antaranya bercap ‘Petercat’, nama bar jazz yang ia kelola selulus dari Waseda.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV/The Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19