Kompas TV nasional update corona

Ternyata Ini Awal Mula 151 Pelajar di Purbalingga Bisa Terdeteksi Positif Covid-19

Kompas.tv - 22 September 2021, 23:20 WIB
ternyata-ini-awal-mula-151-pelajar-di-purbalingga-bisa-terdeteksi-positif-covid-19
Satgas Covid-19 melakukan persiapan isolasi terpusat di gedung SMPN 4 Mrebet Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (21/9/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMI)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Hanung Wikantono menyatakan, ratusan pelajar yang terkonfirmasi positif Covid-19 ditemukan usai pihak sekolah bersiap melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Mulanya, kata Hanung, tes Antigen yang dilakukan pihaknya berasal dari permintaan pihak sekolah, yakni SMP 3 dan 4 Mrebet, jelang PTM.

"Jadi kita ini menuruti permintaan. Mereka kan mau uji coba PTM, kemudian agar bisa dilaksanakan. (Pihak sekolah) meminta vaksinasi Covid-19 dan swab antigen," kata Hanung dalam program "Sapa Indonesia Malam" di Kompas TV, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Atas dasar permintaan itu, kata Hanung, kemudian pihaknya lebih dulu melakukan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar dua sekolah tersebut.

Lalu, sebelum PTM dilakukan, pihaknya melanjutkan dengan melakukan tes Antigen terhadap para siswa.

"Vaksinasi sudah bisa dilaksanakan, kemudian 4-5 hari sebelum PTM. (Pihak sekolah) minta untuk dilakukan tes antigen," lanjutnya.

Kemudian, Dinkes Purbalingga didukung oleh puskesmas setempat melakukan swab Antigen terhadap 337 pelajar di SMP Negeri 4 Mrebet.

Baca Juga: 90 Siswa SMPN 4 Mrebet Purbalingga Positif Covid-19, Dinas Kesehatan Ungkap Dugaan Penyebabnya

Lantas, pihaknya mengonfirmasi sebanyak 90 siswa positif Covid-19.

"Teman-teman puskesmas melakukan swab, kemudian ditemukan 90 siswa positif dari 337 yang diperiksa," jelas Hanung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x