Kompas TV regional berita daerah

2 Wisata di Mangunan Bantul Boleh Uji Coba Buka, Pemkab justru Usulkan Pantai Parangtritis, Ada Apa?

Kompas.tv - 22 September 2021, 17:53 WIB
2-wisata-di-mangunan-bantul-boleh-uji-coba-buka-pemkab-justru-usulkan-pantai-parangtritis-ada-apa
Obyek Wisata Pinus Asri Mangunan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (Sumber: KOMPAS.com/MARKUS YUWONO)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Setelah Hutan Pinus Sari Mangunan, dua tempat wisata lainnya di Bantul juga akan menerapkan uji coba pembukaan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. Dua destinasi wisata yang ditetapkan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu adalah Seribu Batu dan Hutan Pinus Pengger Bantul.

“Dua objek wisata ini sudah memenuhi standar persyaratan, tinggal kapan (mulai buka) perintah saja,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Rabu (22/9/2021).

Meskipun demikian, ia juga mengusulkan Pantai Parangtritis juga bisa masuk uji coba buka karena dinilai sudah layak menerima kunjungan wisatawan. Ia sudah mengajukan usulan ini ke menteri pada Senin (20/9/2021), dengan pertimbangan masyarakat di kawasan pantai sudah mengikuti vaksinasi dosis pertama dan saat ini proses vaksin dosis kedua.

Baca Juga: Identitas Kerangka Manusia di Pantai Parangkusumo Bantul Perlahan Terkuak

Usulan dibukanya Pantai Parangtritis ini juga seturut permintaan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Menurut Kwintarto, sebagian besar pelaku wisata di pantai selatan menggantungkan hidup dari pariwisata.  Ini berbeda dengan pelaku wisata di sejumlah desa wisata yang bisa beralih pekerjaan menjadi petani, pengrajin, dan sebagainya saat pandemi Covid-19.

“Ada keluhan masyarakat di kawasan pantai selatan, tabungan sudah habis, aset mulai dijual, mengenaskan kan,” ucapnya.

Baca Juga: 5 Selter Covid-19 Pemkab Bantul Kosong, Ini yang Dilakukan Tenaga Kesehatannya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.