Kompas TV bisnis kompas bisnis

Ingin Coba Berbisnis? Kenali Proses Membentuk Perusahaan Swasta

Rabu, 22 September 2021 | 13:21 WIB

KOMPAS.TV - Tidak hanya sektor wisata pemerintah juga akan berupaya menjaga momentum membaiknya angka covid-19 untuk memulihkan dunia usaha.

Ekonomi Indonesia tidak hanya ditopang oleh sektor pariwisata, pandemi rupanya justru banyak melahirkan perusahaan-perusahaan rintisan di banyak sektor.

Perusahaan rintisan atau startup dinilai perlu memanfaatkan layanan yang disediakan perusahaan modal ventura untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya di tengah pandemi.

Analyst Skystar Capital Gabriella Thohir mengatakan, kolaborasi antara startup dengan pihak eksternal perlu dioptimalkan untuk memperluas jaringan, publikasi, dan mempermudah akses pendanaan.

Perusahaan rintisan baru yaitu dengan co-foundernya Okky Irmanita mengatakan, dirinya memulai bisnis PT dengan tiga rekannya.

Baca Juga: Cenderung Stabil, Bisnis Karet Masih Bernilai Saing di Tengah Pandemi, Bahkan Harga Diprediksi Naik

Okky menyebut, langkah awal dalam mendirikan suatu perusahaan harus kompak dan solid, dan yang menjadi kendala Okyy dalam mendirikan perusahaan adalah mencari tempat domisili.

Sementar itu, psikologi konsumen dan bisnis Irfan Agia menjelaskan, hal yang harus diperhatikan dalam membuat perusahaan adalah memiliki visi dan misi yang sama dari setiap foundernya.

Agai juga menambahkan, agar tidak mencampur urusan pertemanan dengan perusahaan karena akan berpengaruh pada kultur perusahaan itu sendiri, bahkan berujung pada konflik kepentingan.

Penulis : Natasha Ancely

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:05
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19