Kompas TV bisnis kompas bisnis

Ingin Coba Berbisnis? Kenali Proses Membentuk Perusahaan Swasta

Kompas.tv - 22 September 2021, 13:21 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Tidak hanya sektor wisata pemerintah juga akan berupaya menjaga momentum membaiknya angka covid-19 untuk memulihkan dunia usaha.

Ekonomi Indonesia tidak hanya ditopang oleh sektor pariwisata, pandemi rupanya justru banyak melahirkan perusahaan-perusahaan rintisan di banyak sektor.

Perusahaan rintisan atau startup dinilai perlu memanfaatkan layanan yang disediakan perusahaan modal ventura untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya di tengah pandemi.

Analyst Skystar Capital Gabriella Thohir mengatakan, kolaborasi antara startup dengan pihak eksternal perlu dioptimalkan untuk memperluas jaringan, publikasi, dan mempermudah akses pendanaan.

Perusahaan rintisan baru yaitu dengan co-foundernya Okky Irmanita mengatakan, dirinya memulai bisnis PT dengan tiga rekannya.

Baca Juga: Cenderung Stabil, Bisnis Karet Masih Bernilai Saing di Tengah Pandemi, Bahkan Harga Diprediksi Naik

Okky menyebut, langkah awal dalam mendirikan suatu perusahaan harus kompak dan solid, dan yang menjadi kendala Okyy dalam mendirikan perusahaan adalah mencari tempat domisili.

Sementar itu, psikologi konsumen dan bisnis Irfan Agia menjelaskan, hal yang harus diperhatikan dalam membuat perusahaan adalah memiliki visi dan misi yang sama dari setiap foundernya.

Agai juga menambahkan, agar tidak mencampur urusan pertemanan dengan perusahaan karena akan berpengaruh pada kultur perusahaan itu sendiri, bahkan berujung pada konflik kepentingan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.