Kompas TV olahraga kompas sport

Terima Cerca Maki Rasis dari Juventini, Mike Maignan: Ini Pasti akan Terulang Lagi!

Kompas.tv - 22 September 2021, 13:02 WIB
terima-cerca-maki-rasis-dari-juventini-mike-maignan-ini-pasti-akan-terulang-lagi
AC Milan resmi mendapatkan kiper baru setelah Mike Maignan sepakat gabung dari klub juara Liga Perancis Lille. (Sumber: Twitter @acmilan)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

MILAN, KOMPAS.TV - Penjaga gawang AC Milan Mike Maignan menerima cercaan rasis dari suporter Juventus (Juventini) saat melakoni laga pekan ke-4 Liga Italia 2021-22 di Stadion Allianz, Senin (20/9/2021). 

Saat melakukan pemanasan jelang laga di sudut lapangan Allianz, Maignan mendapatkan pelecehan rasial. Oknum Juventini meneriaki kiper Rossoneri dengan sebutan 'monyet dan 'negro'. 

Kiper asal Perancis tidak langsung membalas hinaan tersebut. Maignan tetap melangsungkan pemanasan dan membantu AC Milan menahan imbang Juventus dengan skor 1-1. 

Namun, usai laga, kampiun Ligue 1 Perancis 2020-21 tak tinggal diam. Melalui akun Twitter, Maignan mengutarakan perasaannya yang teramat sedih. 

"Minggu malam, di Stadion Allianz, beberapa fans Juventus melepaskan cercaan rasial dan meneriaki saya. Apa yang ingin saya katakan?," tulis Maignan. 

"Apakah Anda ingin saya berkata bahwa rasisme adalah hal buruk dan para suporter ini bodoh? Ini bukan tentang itu. Saya bukan yang pertama dan saya tidak akan menjadi pemain terakhir yang bakal mengalami hal seperti itu." 

Baca Juga: Lima Orang Telah Ditangkap Kepolisian Terkait Pelecehan Rasis terhadap Pemain Timnas Inggris

"Selama kita masih menganggap ini sebagai masalah yang terisolasi, sejarah akan terulang lagi, dan lagi, dan lagi. Apa yang kita lakukan untuk memerangi rasisme di stadion sepak bola? Apa kita percaya itu efektif?"

"Saya di klub yang berada di barisan terdepan untuk menentang segala diskriminasi. Tetapi, kita perlu lebih bersatu untuk memerangi ini untuk komunitas yang lebih besar daripada sepak bola itu sendiri." 

"Apakah para pemangku kebijakan tahu rasanya mendengar hinaan bahwa kami disamakan dengan hewan? Apakah mereka tahu dampaknya kepada keluarga kami, kepada kerabat yang tidak tahu mengapa hal ini terus terjadi pada 2021?" 

"Saya bukan [korban] dari rasis. Saya Mike, beridiri tegak, hitam dan bangga. Sepanjang kita bisa menyaringkan suara dan membuat perbedaaan, kami akan melakukannya," tandas Mike. 

Baca Juga: Mantan Kiper Arsenal Dipecat dari Hertha Berlin Usai Kirim Pesan Rasis Melalui WhatsApp

Ini bukan kejadian pertama para pemain AC Milan berkulit hitam mendapatkan cerca maki rasial. 

Tiemoue Bakayoko dan Franck Kessie pun direndahkan para suporter Lazio dalam laga giornata 3 Serie A. 

Melansir laporan AP, FIGC selaku federasi sepak bola Italia telah membuka penyelidikan atas apa yang dilakukan suporter Lazio tersebut. 



Sumber : AP/twitter.com/mmseize

BERITA LAINNYA



Close Ads x