Kompas TV regional berita daerah

Tips Budidaya Burung Kenari Lokal dan Persilangan di Lahan Sempit Lorong Rumah

Rabu, 22 September 2021 | 12:38 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang pecinta burung di Jember Jawa Timur sukses beternak burung kenari lokal dan persilangan. Suara yang khas membuat harga burung bertubuh kecil itu selangit. Uniknya, budidaya burung kenari dilakukan tempat sempit, yakni lorong rumah.

Berawal dari hobi, Hidayat, warga Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember Jawa Timur sukses beternak burung kenari lokal dan persilangan.

Ia memanfaatkan lorong samping rumahnya yang berukuran 1,5 meter dengan panjang 5 meter untuk tempat budidaya. Padahal secara teori, beternak burung kenari membutuhkan sangkar yang luas agar burung dapat leluasa terbang sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan suara kicauannya.

Baca Juga: Jadi Komoditas Favorit di Maluku, KKP Kembangkan Teknologi Budidaya Ikan Bubara

Ia menggunakan teknik khusus yang diadopsi dari cara beternak berbagai burung kicau, seperti merakit sangkar menjadi lebih panjang dan dilengkapi wadah plastik berisi air untuk tempat mandi burung. Lalu burung kenari dibiarkan bermain di air selama 5 menit untuk menjaga kelembapan tubuhnya.

Untuk pemberian pakan, Hidayat memperbanyak sayuran sawi segar dan muda serta dibantu dengan ekstra fooding dengan takaran khusus, yang dicampur vitamin.

Teknik penjodohan dilakukan melalui sistem tempel, memasukkan dua burung  dalam satu sangkar dalam waktu 3 sampai 4 hari kemudian dipisahkan kembali.

Burung akan bertelur dan mengeram selama 14 hari waktu penetasan. Sedangkan untuk asupan makanan, dibiarkan dilakukan oleh indukannya.

Baca Juga: Budidaya Ikan Koi Saat Pandemi Sangat Menguntungkan

Hidayat menjelaskan bahwa fokus budidaya burung kenari lokal dan persilangan yang ia lakukan adalah untuk membentuk tubuh burung menjadi proporsional dan suara yang nyaring panjang.

Agar memiliki suara indah dan beragam, burung kenari sejak kecil didengarkan kicau berbagai burung dari youtube.

Burung kenari ternakan hidayat dipesan oleh sesama pecinta burung dari sejumlah daerah, seperti luar Pulau Jawa dengan harga 250 ribu rupiah hingga 3 juta rupiah.

Tak tanggung-tanggung, omset yang didapat per bulan, rata-rata 9 juta rupiah. Saat ini, di lorong sempit samping rumahnya, hidayat memiliki lebih 70 ekor kenari yang siap jual.

#TipsBudidayaKenari  #BudidayaBurungKicau  #LorongRumah

Penulis : KompasTV Jember

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19