Kompas TV regional berita daerah

Terjaring Operasi, Tidak Ditilang Malah Diberi Beras

Kompas.tv - 22 September 2021, 11:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Biasanya operasi lalu lintas yang dilakukan oleh Aparat Kepolisian disertai dengan sanksi tilang bagi para pelanggarnya. Namun pada Operasi Patuh Candi, bukannya surat tilang yang didapat, para pengendara justru mendapatkan bantuan beras dan masker.

Satu persatu kendaraan yang melintas di Kawasan Simpang Lima ini digiring untuk menepi. Namun, tidak seperti operasi lalu lintas pada umumnya. Pada Operasi Patuh Candi 2021 ini, petugas tidak memeriksa  surat maupun kelengkapan kendaraan, melainkan mengingatkan pengendara untuk tertib berlalu lintas dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Polisi juga tidak melakukan penilangan, sebaliknya justru bagi-bagi sembako dan masker kepada para pengendara.

"Operasi Patuh Candi 2021 ini kita hiasi dengan bagaimana pemberian baksos, masker, edukasi, vaksinasi dan beberapa kegiatan lainnya kepada masyarakat," kata AKBP Sigit, Kasatlantas Polrestabes Semarang.

Sementara itu, Sugiarto, salah satu pengendara motor mengaku tidak takut dengan operasi lalu lintas ini karena dirinya telah membawa kelengkapan kendaraan. Namun ia tidak menyangka justru mendapat bantuan beras dari Satlantas Polrestabes Semarang.

"Karena kita komplit ya, kita dah mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Jadinya kita nggak was-was lagi. Terima kasih Satlantas Polrestabes Semarang atas bantuannya," ujar Sugiarto.

Operasi Patuh Candi 2021 ini sendiri dititik beratkan pada penanganan masalah sosial serta pencegahan penyebaran virus Covid-19. Operasi dimulai 20 September hingga 3 Oktober 2021. Meski tidak ada penindakan, namun satuan lalu lintas Polrestabes Semarang menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mentaati aturan lalu lintas di jalan raya.

#kotasemarang #protokolkesehatan #tertibberlalulintas



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x