Kompas TV regional berita daerah

Kodam XII Tanjungpura Berangkatkan Prajurit Kompi Cadangan untuk Berlatih

Kompas.tv - 22 September 2021, 08:44 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Sebanyak 499 prajurit kompi cadangan dilepas dan diberangkatkan melalui Pelabuhan Dwikora Pontianak, untuk menjalani pelatihan pembulatan di Pusdiklatpus Kopassus, di Batujajar, Jawa Barat.

Sebelumnya, seluruh pasukan komponen cadangan ini, telah menjalani pendidikan dasar militer dan taktis selama tiga bulan di Rindam Kodam XII Tanjungpura.

Prajurit kompi cadangan ini adalah implementasi porgram bela negara yang digagas oleh pemerintah. Mereka merupakan hasil penjaringan dan seleksi warga sipil dari berbagai profesi.

Nantinya, para prajurit ini bertugas membantu komponen inti, dalam menjalankan tugas. Mereka akan bertugas ketika dibutuhkan dan saat tidak bertugas, mereka kembali ke lingkungan sebagai warga sipil.

Sama seperti komponen inti, prajurit komcad ini juga mendapat pangkat hingga kartu anggota.

Dalam angkatan pertama bela negara ini, Kementerian Pertahanan menerima 2.500 orang prajurit komcad. 2.500 prajurit komcad ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kalimantan Barat.

Program bela negara ini bertujuan untuk memperkuat pertahanan negara secara maksimal, dengan memperkuat peran TNI dan seluruh unsur masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.