Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kreatif! Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya Ciptakan Alat Pengusir Hama Padi

Rabu, 22 September 2021 | 06:00 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Mahasiswa universitas Muhammadiyah Surabaya menciptakan alat teknologi tepat guna, untuk mengusir hama pada tanaman padi. Alat berbasis internet of things (iot) yang diberi nama prototipe pengusir hama padi atau Propedi ini, dirancang untuk membantu para petani mengusir hama burung, tikus dan wereng dari jarak jauh.

Inilah Mizan Nurul Muhsid dari Fakultas Teknik Elektro dan Abdul Muiz dari Fakultas Teknik Arsitektur, saat mendemontrasikan kinerja inovasinya, berupa alat pengusir hama tikus, untuk persawahan terutama tanaman padi. Alat berbasis internet of things atau kecerdasan buatan ini diberi nama Prototipe Pengusir Hama Padi atau Propedi.

Alat ini memanfaatkan tenaga surya yang dikonversikan menjadi energi listrik. Alat tersebut dirancang untuk membantu para petani mengusir dari jarak jauh hama burung, tikus dan wereng yang kerap menjadi pekerjaan rumah atau permasalahan para petani.

Untuk membuat Propedi, Mizan Nurul dan Abdul Muiz menggunakan nodemcu, sensor ldr, lampu, ssc, solar cell, motor dc dan batery buzzer peizo. Cara kerjanya pun cukup mudah dan dapat dipantau dari jarak jauh menggunakan smartphone.

Sinar violet pada Propedi berfungsi mengumpulkan hama wereng menjadi satu di wadah yang berisi air dan diletakkan dibawah lampu, sehingga hama akan mati karena terendam air. Sedangkan suara ultra sonic untuk mengusir tikus, dan kipas pemukul kaleng untuk mengusir hama burung.

Alat ini menggunakan sumber listrik dari panel surya, sehingga dapat digunakan untuk area sawah yang jauh dari jangkauan PLN. Pada siang hari panel surya bekerja sebagai penyalur energi, yang diserap dari panas matahari. Panel surya meneruskan energi ke alat kontrol yang akan menyimpan energi ke dalam aki atau baterai.

Penulis : Herwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19