Kompas TV olahraga kompas sport

Selain Verawaty Fajrin, 7 Mantan Atlet Berprestasi Ini Juga Bernasib Nelangsa

Selasa, 21 September 2021 | 23:10 WIB
selain-verawaty-fajrin-7-mantan-atlet-berprestasi-ini-juga-bernasib-nelangsa
Mantan atlet pembalap sepeda Hendra Gunawan alias Hendrik Brocks (77), peraih 3 medali emas Asian Games 1962 Jakarta di rumahnya di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (29/8/2018). Nasib mantan atlet ini terlantar dan ia menderita kebutaan. (Sumber: KOMPAS.com/BUDIYANTO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nasib legenda bulu tangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo atau dikenal dengan Verawati Fajrin kembali mengingatkan masyarakat soal masalah kesejahteraan atlet yang terlantar, meski berprestasi dan mampu membanggakan negara.

Seperti diketahui, Verawati Fajrin mengalami kanker paru-paru. Saat hendak dirawat, ia tak mendapatkan kamar di RS Dharmais.

Setelah kondisinya viral dan menjadi perbincangan di masyarakat, ia baru mendapat tempat tidur untuk perawatan dan bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Akan tetapi, nasib terlantar ini ternyata tidak cuma dialami Verawati Fajrin. Sebagian besar atlet dan mantan atlet mengaku kesejahteraan mereka tak terjamin, walau sudah mengharumkan nama negara.

Baca Juga: Verawaty Fajrin, Pembawa Obor Asean Games dan Peraih 12 Emas Itu Kini Terbaring Sakit

Berdasarkan survei Litbang Kompas, 63,5% dari total 330 atlet dan mantan atlet mengaku tidak sejahtera secara keuangan.

Setidaknya 35,8 persen mantan atlet mengaku membutuhkan dana pensiun dan jaminan hari tua. Akan tetapi, 75,2 persen mantan atlet ternyata tidak memiliki dana pensiun sama sekali.

Sementara, 28,5 persen kini mengaku sangat membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Di sisi lain, 16,8 persen lainnya perlu dana modal usaha. Terakhir, sebanyak 35,2 persen mantan atlet belum punya asuransi kesehatan. 

Di antara para olahragawan itu, berikut kisah 7 mantan atlet yang terlantar setelah pensiun:

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV/Kompas.Id/Kompas.com/Tribunnews


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19