Kompas TV olahraga kompas sport

Ratusan Atlet Perempuan AS Desak Mahkamah Agung Lindungi Kebijakan Aborsi

Selasa, 21 September 2021 | 21:41 WIB
ratusan-atlet-perempuan-as-desak-mahkamah-agung-lindungi-kebijakan-aborsi
Atlet sepak bola perempuan AS, Megan Rapinoe berpidato di Gedung Putih pada Maret 2021. (Sumber: Adam Schultz/Publikasi Gedung Putih via Wikimedia)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Sekelompok atlet perempuan ternama Amerika Serikat (AS) mendesak Mahkamah Agung mempertahankan hak aborsi yang diamanatkan undang-undang. Ini menyusul permintaan hukum Negara Bagian Mississippi yang hendak mengakhiri status aborsi sebagai hak konstitusional.

Bintang sepak bola perempuan AS, Megan Rapinoe serta pasangannya, pebasket Sue Bird diketahui turut menandatangani pernyataan Amicus curiae ke Mahkamah Agung AS. Lebih dari 500 atlet dilaporkan turut menandatangani pernyataan sebagai 'sahabat pengadilan' yang bisa memberikan pendapat terkait sebuah perkara hukum tersebut.

Dalam kasus ini, pengadilan diminta membatalkan peraturan Roe v. Wade tahun 1973 yang mengakui hak perempuan untuk mengakhiri kehamilan dan melegalkan aborsi secara nasional.

Baca Juga: Mahkamah Agung Meksiko Memutuskan Bahwa Aborsi Bukanlah Kejahatan

Pada 2018, negara bagian Mississippi telah meloloskan peraturan yang melarang aborsi bagi kehamilan berusia 15 pekan atau lebih, kecuali atas alasan darurat medis atau abnormalitas janin yang parah.

Jaksa Agung Mississippi, Lynn Fitch menyebut bahwa peraturan Roe v. Wade “salah besar” dan mesti dibatalkan.

Negara Bagian Mississippi, yang dipimpin oleh Republikan, pun memperjuangkan pembatalan di pengadilan yang dilaporkan mayoritas diisi hakim konservatif.

Para atlet menentang usulan Mississippi, menyitir hak aborsi penting bagi pemaksimalan potensi atlet perempuan.

“Sebagai atlet perempuan dan insan olahraga, kami harus memiliki daya untuk membuat keputusan penting tentang tubuh kami dan memiliki kontrol atas kehidupan reproduksi kami,” tulis pernyataan yang dikirimkan para atlet sebagaimana dilansir ESPN.

Baca Juga: Cegah Aborsi, Pemerintah Prancis akan Gratiskan Kontrasepsi

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

Sumber : ESPN


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19