Kompas TV olahraga kompas sport

Ratusan Atlet Perempuan AS Desak Mahkamah Agung Lindungi Kebijakan Aborsi

Kompas.tv - 21 September 2021, 21:41 WIB
ratusan-atlet-perempuan-as-desak-mahkamah-agung-lindungi-kebijakan-aborsi
Atlet sepak bola perempuan AS, Megan Rapinoe berpidato di Gedung Putih pada Maret 2021. (Sumber: Adam Schultz/Publikasi Gedung Putih via Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Sekelompok atlet perempuan ternama Amerika Serikat (AS) mendesak Mahkamah Agung mempertahankan hak aborsi yang diamanatkan undang-undang. Ini menyusul permintaan hukum Negara Bagian Mississippi yang hendak mengakhiri status aborsi sebagai hak konstitusional.

Bintang sepak bola perempuan AS, Megan Rapinoe serta pasangannya, pebasket Sue Bird diketahui turut menandatangani pernyataan Amicus curiae ke Mahkamah Agung AS. Lebih dari 500 atlet dilaporkan turut menandatangani pernyataan sebagai 'sahabat pengadilan' yang bisa memberikan pendapat terkait sebuah perkara hukum tersebut.

Dalam kasus ini, pengadilan diminta membatalkan peraturan Roe v. Wade tahun 1973 yang mengakui hak perempuan untuk mengakhiri kehamilan dan melegalkan aborsi secara nasional.

Baca Juga: Mahkamah Agung Meksiko Memutuskan Bahwa Aborsi Bukanlah Kejahatan

Pada 2018, negara bagian Mississippi telah meloloskan peraturan yang melarang aborsi bagi kehamilan berusia 15 pekan atau lebih, kecuali atas alasan darurat medis atau abnormalitas janin yang parah.

Jaksa Agung Mississippi, Lynn Fitch menyebut bahwa peraturan Roe v. Wade “salah besar” dan mesti dibatalkan.

Negara Bagian Mississippi, yang dipimpin oleh Republikan, pun memperjuangkan pembatalan di pengadilan yang dilaporkan mayoritas diisi hakim konservatif.

Para atlet menentang usulan Mississippi, menyitir hak aborsi penting bagi pemaksimalan potensi atlet perempuan.

“Sebagai atlet perempuan dan insan olahraga, kami harus memiliki daya untuk membuat keputusan penting tentang tubuh kami dan memiliki kontrol atas kehidupan reproduksi kami,” tulis pernyataan yang dikirimkan para atlet sebagaimana dilansir ESPN.

Baca Juga: Cegah Aborsi, Pemerintah Prancis akan Gratiskan Kontrasepsi

 



Sumber : ESPN

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.