Kompas TV regional peristiwa

Ratusan Nakes di Jayapura Nyalakan Lilin dan Bacakan Deklarasi Tragedi Kiwirok

Kompas.tv - 21 September 2021, 21:26 WIB
ratusan-nakes-di-jayapura-nyalakan-lilin-dan-bacakan-deklarasi-tragedi-kiwirok
Aksi bakar lilin tenaga kesehatan di kawasan Taman Imbi, Jayapura, Papua pada Selasa (21/9/2021) malam. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Vyara Lestari

PAPUA, KOMPAS.TV - Sekitar 300 tenaga kesehatan dari berbagai organisasi profesi menggelar aksi bakar lilin terkait tragedi yang menimpa rekan-rekan mereka di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Aksi belasungkawa tersebut dilangsungkan di kawasan Taman Imbi, Jayapura, Papua pada Selasa (21/9/2021) malam.

Aksi diawali dengan membacakan deklarasi yang berisi keprihatinan atas terjadinya aksi kekerasan yang menyebabkan kematian dan luka parah serta trauma yang dialami tenaga kesehatan di Kiwirok, Pegunungan Bintang.

Deklarasi itu juga menolak setiap tindakan kekerasan terhadap tenaga kesehatan yang dilakukan oleh pihak yang mengatasnamakan apapun. 

Para nakes juga meminta jaminan keamanan seluruh tenaga kesehatan yang mengabdi di Provinsi Papua, terutama di daerah rawan konflik.

Terakhir, mereka mendorong adanya kebijakan perekrutan penempatan sumber tenaga kesehatan yang berpihak pada masyarakat dan budaya setempat.

Baca Juga: Emban Tugas Berat dan Mulia, Menkes Minta Semua Pihak Jaga Keamanan-Kenyamanan Kerja Nakes

Pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan pembacaan puisi secara bergantian dan doa serta menyalakan lilin.

Para nakes yang hadir mengenakan kemeja putih dan bagian bawah hitam. Sehelai pita hitam disematkan di lengan baju sebagai tanda berduka.

Para nakes itu berharap, tidak ada lagi rekan-rekan mereka yang menjadi korban oleh pihak manapun.

"Kami berharap tidak ada lagi rekan nakes yang menjadi korban penganiayaan hingga mengalami luka bahkan meninggal, " harap suster Siti Soltief salah satu nakes yang ikut dalam aksi tersebut, dilansir dari Antara, Selasa.

Nakes yang hadir di antaranya berasal dari organisasi IDI, Patelki, HAKLI, Persagi, IBI, IAKMI, IAI dan PPNI. Selain para nakes dari berbagai organisasi profesi, tampak juga sejumlah warga dan anggota TNI.

Seperti diberitakan, terdapat lima nakes terluka dan seorang di antaranya yakni Gabriela Meilan meninggal akibat serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap fasilitas umum di Kiwirok, Senin (13/9/2021).

Jenazah Gabriela Meilan telah dievakuasi ke Jayapura.

Empat nakes lainnya masih dirawat di RS Marthen Indey yakni dr. Restu Pamanggi, Katrianti Tandila, Emanuel Abi, dan Kristina Sampe Tonapa.

Baca Juga: 9 Nakes Korban Serangan KKB di Kiwirok Papua Alami Trauma Psikis



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x