Kompas TV regional berita daerah

Ibu-Ibu di Majalengka Ubah Limbah Plastik Jadi Tas

Kompas.tv - 21 September 2021, 18:32 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Berawal dari kepedulian terhadap sampah plastik sekolompok ibu - ibu di majalengka manfaatkan sampah plastik untuk dijadikan bahan baku tas waktu segang selama PPKM,  dimanfaatkan mereka untuk merajut tas dari limbah plastik penasaran seperti apa hasil kreasinya? Berikut liputan selengkapnya.

Berbagai tas jinjing tas notebook tas sekolah tempat hp dan dompet  ini sekilas seperti buatan pabrikan. Namun siapa sangka jika tas tas cantik ini terbuat dari limbah plastik hasil karya ibu-ibu dari desa jatiseeng kecamatan panyingkiran majalengka jawa barat.

Beberapa proses harus dilalui dalam pembuatan tas dari limbah plastik ini. Tahap awal plastik bekas kemasan kopi dan sabun ini di bersihkan dengan diterjen untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada plastik plastik kemudian di jemur.

Setelah kering proses berikutnya plastik dipotong serta dilipat sesuai ukuran serta motif tas yang akan dibuat dalam proses ini diperlukan ketelitian,  pasalnya jika salah melipat akan mempengaruhi bentuk motif gambar tas.

Ide pembuatan tas jinjing ini berawal dari kepedulian terhadap limbah plastik dan memanfaatkan waktu senggang selama pandemi.

Pemerintah desa setempat berjanji akan membantu pemasaran  bekerjasama dengan sejumlah dinas dan pihak terkait agar penjualan hasil kerajinan warga desa jatiseeng ini bisa meluas.

Selain berdampak positif terhadap lingkungan kegiatan ibu-ibu di desa jatiseeng ini menjadi  nilai tambah ekonomi bagi mereka di masa pandemi covid 19.
 

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw

 Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x