Kompas TV nasional politik

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Wakil Ketua DPR Minta Pemerintah Persiapkan Faskes

Kompas.tv - 21 September 2021, 18:19 WIB
antisipasi-gelombang-ketiga-covid-19-wakil-ketua-dpr-minta-pemerintah-persiapkan-faskes
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/3/2020) (Sumber: KOMPAS.com/TSARINA MAHARAN)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), meski kini kasus Covid-19 di Indonesia mulai mengalami penurunan. 

Menurut dia, dengan adanya peran serta dari masyarakat yang sadar akan pentingya mematuhi prokes, maka diharapkan gelombang ketiga virus corona tak terjadi.

“Yang pertama bukan hanya pemerintah pusat yang harus antisipasi. Tapi seluruh masyarakat juga harus bahu-membahu dengan pemerintah,” kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Jual Obat Covid-19 dengan Harga 4 Kali Lipat, 4 Tersangka Ini Ditangkap Polisi

Politikus Partai Gerindra itu menyebut, masyarakat dan pemerintah harus belajar dari pengalaman ketika pada Juli lalu terjadi gelombang kedua penyebaran Covid-19.

“Kita sudah bersama mengalami pahitnya lonjakan pandemi kedua di mana banyak rumah sakit kemudian daya tampungnya melebihi kapasitas tidak memadai dan lalu obat-obatan yang tidak memadai, kemudian sebaran yang begitu cepat membuat kita semua kewalahan,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat dan pemerintah tak boleh lengah, karena kini dikhawatirkan akan datangnya varian baru virus corona. Terlebih, akhir tahun nanti banyak hari libur, sehingga dirinya meminta agar tak ada yang lengah dalam menegakkan prokes.

"Mari kita sama-sama kepada bangsa Indonesia kita jangan lengah, kita tetap protokol kesehatan. Kita tetap saling mengingatkan. Kita tetap harus saling menahan diri bahwa kemudian masa-masa November, Desember itu ada hari-hari libur," kata dia.

Selain itu, dirinya meminta agar pemerintah mempersiapkan seluruh fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Menurun, RS Panembahan Senopati Bantul Alihkan Fungsi Tempat Tidur

“Kepada pemerintah kami minta untuk fasilitas sarana dan prasarana untuk tetap diwaspadakan. Rumah sakit - rumah sakit juga tetap dalam keadaan jangan lengah dan kondisi selalu siaga. (Jadi) kalau gelombang ketiga itu ada, kita sudah siap,” pungkas Dasco.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x