Kompas TV internasional kompas dunia

ISIS-K Klaim Serangan Bom di Afghanistan yang Targetkan Taliban

Kompas.tv - 21 September 2021, 17:13 WIB
isis-k-klaim-serangan-bom-di-afghanistan-yang-targetkan-taliban
Sejumlah warga dan anggota Taliban tampak berkumpul di lokasi ledakan di Kabul, Afghanistan, Sabtu (18/9/2021). Pihak berwenang menyatakan sebuah bom lengket telah meledak di lokasi tersebut dan melukai dua orang. (Sumber: AP Photo/Felipe Dana)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JALALABAD, KOMPAS.TV - Negara Islam Khurasan (ISIS-K) mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di kota Jalalabad, Afghanistan pada Minggu (19/9/2021) lalu. Hal tersebut diungkapkan oleh media propaganda ISIS, Kantor Berita Amaaq di kanal Telegram-nya.

Serangan bom tersebut dilaporkan menargetkan anggota Taliban. ISIS-K mengklaim lebih dari 35 anggota Taliban tewas akibat serangannya.

“Lebih dari 35 anggota milisi Taliban tewas atau terluka dalam serangkaian ledakan yang terjadi,” kata kelompok ekstremis itu dalam rilisnya.

Baca Juga: Ledakan Tewaskan 3 Orang di Afghanistan, ISIS-K Diduga Sasar Taliban

Akan tetapi, pihak Taliban belum mengonfirmasi jumlah korban tewas dan luka akibat kejadian tersebut.

Menurut laporan Reuters via NDTV, seorang sumber menyampaikan setidaknya tiga tewas dan 20 terluka dalam serangan bom yang terjadi beberapa kali itu. Sumber tersebut mengumpulkan informasi dari saksi mata dan rumah sakit.

Sementara itu, Associated Press melaporkan bahwa korban tewas mencapai delapan orang.

Mengutip Associated Press, saksi kejadian mengungkapkan bahwa serangan bom menyasar kendaraan polisi perbatasan yang saat ini dikelola Taliban.

Pada Agustus lalu, ISIS-K juga mengklaim sebagai dalang serangan bom Bandara Kabul yang menewaskan 169 warga Afghanistan dan 13 tentara Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Kata Siswi Menengah Afghanistan yang Tidak Bisa Kembali Bersekolah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x