Kompas TV olahraga kompas sport

Pemerintah Mewajibkan Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi untuk Skrining Selama PON XX Papua

Kompas.tv - 21 September 2021, 17:12 WIB
pemerintah-mewajibkan-penggunaan-aplikasi-pedulilindungi-untuk-skrining-selama-pon-xx-papua
Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi sebagai skrining di lokasi pertandingan. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dipastikan akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai sarana skrining untuk memasuki venue pertandingan. 

Hal tersebut diputuskan pemerintah yang diumumkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam siaran persnya, Selasa (21/9/2021). 

"Pemerintah menetapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining kesehatan bagi siapa saja yang terlibat dalam perhelatan PON XX Papua, termasuk para penonton yang akan melihat secara langsung di lokasi," kata Johnny. 

Johnny menambahkan, kesuksesan pelaksanaan PON XX Papua pada 2 Oktober-15 Oktober 2021 mendatang tidak hanya dari segi persatuan dan prestasi saja tetapi juga mencegah penularan Covid-19. 

Maka dari itu, diharapkan selama pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut, penerapan protokol kesehatan harus disusun dan diimplementasikan secara ketat oleh semua pihak.

Pemerintah memastikan PON XX Papua akan mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan karena melibatkan puluhan ribu orang dari mulai atlet, ofisial, panitia, pendukung kegiatan, relawan, jurnalis, dan penonton.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, maka risiko penularan Covid-19 dalam skala besar selama PON XX Papua bisa dihindari. 

“Kegiatan apa pun yang melibatkan banyak orang, tentu memiliki risiko penularan Covid-19. Hal ini yang kita waspadai bersama. Karena itu, untuk penyelenggaraan PON XX Papua, kita harus melakukan upaya mitigasi secara matang guna menekan kemungkinan penyebaran virus,” tutur Menteri Johnny.

Baca Juga: Ini Syarat yang Wajib Dipenuhi jika Ingin Menonton Secara Langsung Pertandingan PON XX Papua

PON XX Papua ini menjadi ajang olahraga pertama di Indonesia yang akhirnya diputuskan bisa dihadiri oleh penonton. 



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x