Kompas TV olahraga kompas sport

Drawing Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Gabung Grup B, Vietnam dan Malaysia Pesaing Utama

Kompas.tv - 21 September 2021, 14:53 WIB
drawing-piala-aff-2020-timnas-indonesia-gabung-grup-b-vietnam-dan-malaysia-pesaing-utama
Trofi Piala AFF. (Sumber: aseanfootball.org/)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia dipastikan masuk ke dalam grup B Piala AFF 2020 dengan pesaing utama Vietnam dan Malaysia. 

Skuad Garuda dalam Piala AFF 2020 ini mendapat posisi yang tricky karena ditempatkan di pot ketiga bersama bersama Filipina.

Itu berarti, tim asuhan Shin Tae-yong itu akan melawan tim yang dari pot 1 yang diisi Vietnam dan Thailand, pot 2 ada Malaysia dan Myanmar serta pot 4 yaitu Singapura dan Kamboja.

Sementara Laos dan satu tim di antara Brunei Darussalam atau Timor-Leste yang akan melakoni babak kualifikasi mengisi pot kelima.

Total sepuluh kontestan ini akan dibagi ke dalam dua grup yang masing-masing diisi lima tim.

Dalam drawing yang dilakukan ASEAN Football Federation (AFF) pada Selasa (21/9/2021) siang, timnas Indonesia dipastikan tergabung di grup B. 

Baca Juga: Tanpa Pemain yang Merumput di Luar Negeri, Berikut 36 Nama yang Dipanggil untuk TC Timnas Indonesia

Evan Dimas dkk akan menghadapi para pesaing yaitu Laos, Kamboja, Malaysia dan Vietnam. 

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi timnas Indonesia mengingat ada timnas Malaysia dan timnas Vietnam yang belakangan selalu mampu mengalahkan skuad Garuda. 

Sementara di grup A, juga akan menyajikan persaingan sengit dengan adanya Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura dan pemenang babak kualifikasi yang mempertemukan Brunei Darussalam melawan Timor Leste. 

Hasil drawing Piala AFF 2020, Indonesia tergabung di grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos. (Sumber: YouTube AFF Suzuki Cup)

Piala AFF 2020 sejatinya dijadwalkan digelar tahun lalu namun pandemi Covid-19 yang merebak membuat turnamen kasta tertinggi antar negara di Asia Tenggara ini harus ditunda hingga tahun ini.

Baca Juga: Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Tergantung Hasil Kualifikasi Piala Asia 2023

Sepuluh timnas terbaik dari negara ASEAN dijadwalkan akan mulai bertanding di Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021–1 Januari 2022.

Selanjutnya, AFF akan memutuskan negara mana yang menjadi tuan rumah di tiap grup.

Selain itu, laga semifinal dan final yang biasanya dihelat kandang tandang, pada gelaran edisi tahun ini akan difokuskan di satu tempat.

Pembagian Grup Piala AFF 2020

Grup A: Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam/Timor Leste
Grup B: Vietnam, Malaysia, Indonesia, Kamboja, Laos



Sumber : AFF

BERITA LAINNYA



Close Ads x