Kompas TV regional berita daerah

Kreatif, Limbah Pipa Plastik Diubah Jadi Miniatur Kendaraan

Kompas.tv - 21 September 2021, 13:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Warga Klaten, Jawa Tengah, mampu mengubah limbah pipa plastik menjadi miniatur kendaraan yakni sepeda motor dan mobil. Ide dan kreativitas diperoleh karena banyak menghabiskan waktu di rumah karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Siapa yang menyangka jika miniatur sepeda motor ini terbuat dari limbah pipa plastik. Jika dilihat detail miniatur sepeda motor ini mirip dengan aslinya. Sang perajin adalah Bagus Budiyanto, warga Dukuh Purwodadi, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Untuk membuat miniatur sepeda motor ini dibutuhkan limbah pipa plastik, aluminium, spons, lem dan korek api. Awalnya pipa digergaji dan dipanaskan agar pipih. Setelah membentuk lembaran-lembaran, pipa dibentuk menjadi kerangka-kerangka sesuai dengan miniatur yang diinginkan.

Bagus biasanya menyelesaikan satu miniatur sepeda motor dalam tiga hari karena ia juga memiliki kegiatan lain sebagai pekerja pabrik. Ilmu membuat miniatur ini didapatkan sang perajin dari internet. Ia mulai menekuni kegiatan ini semenjak PPKM yang membuatnya banyak waktu di rumah. Namun, pembatasan kegiatan tidak serta merta membatasi kreativitasnya.

Melihat banyaknya pipa plastik yang dibuang di sekitar lingkungannya, Bagus berpikir bagaimana caranya mengolah limbah menjadi benda yang bermanfaat.

"Sementara baru kendaraan, jenisnya ada motor CB, matic dan vixion," ujar Bagus Budiyanto, perajin miniatur sepeda motor dan mobil.

Miniatur sepeda motor dan mobil ini dihargai antara Rp 150 ribu hingga Rp 700 ribu, tergantung kesulitan tingkat pembuatannya. Hasil pembuatan dari miniatur kendaraan ini kini dapat membantu memenuhi kebutuhan sang perajin dan keluarganya.

#klaten #miniatursepedamotor #prambanan



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x