Kompas TV regional berita daerah

Detik-Detik Belasan Anjing Selamat dari Pembantaian di Rumah Jagal Bantul

Kompas.tv - 21 September 2021, 13:24 WIB
detik-detik-belasan-anjing-selamat-dari-pembantaian-di-rumah-jagal-bantul
Belasan anjing berhasil selamat dari pembantaian di rumah jagal Bantul. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Belasan anjing berhasil selamat dari pembantaian di rumah jagal Bantul, Yogyakarta. Penyelamatan anjing-anjing di Bantul yang akan dibantai itu bermula dari video viral  yang diunggah akun Instagram @rrdcjogja pada Minggu (19/9/2021).

Akun milik Ron Ron Dog Care (RRDC) Jogja meminta bantuan kepada semua pihak termasuk aparat terkait agar dapat menolong anjing-anjing itu. Lokasi video itu di Srihardono RT 02, Piring, Pundong, Bantul.

“Kami langsung mendatangi lokasi video tersebut dan sebelumnya juga meminta bantuan pihak kepolisian untuk melakukan mediasi dengan pemilik rumah jagal,” ujar anggota RRDC Jogja, Victor Indrabuana, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Aksi Heroik Anjing Polisi, Tangkap Penjahat Meski Disabet Golok 20 Kali

Polisi bersama Ron Ron Dog Care Jogja mendatangi lokasi untuk mengamankan anjing-anjing di sana. Mereka mendapati  18 ekor anjing dan tujuh di antaranya masih anak-anak.

Anjing-anjing di rumah jagal itu dalam kondisi yang menyedihkan. Tubuh anjing terbungkus karung dengan kepala di luar karung. Sebagian mulut anjing juga diikat tali.

Bahkan ada satu anjing dewasa yang sangat lemas karena sudah empat hari diikat mulutnya dan tidak diberi makan.

Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari membenarkan tempat itu menjadi tempat penjualan daging anjing yang dikelola orang bernama Bejo. Pelapor adalah pencinta anjing dan memberikan saran kepada Bejo supaya tidak menjagal anak anjing.

Baca Juga: Uni Emirat Arab Latih Anjing untuk Deteksi Covid-19 dengan Akurasi 92 Persen

Bejo pun meminta solusi dari RRDC Jogja dan bersedia  menyerahkan belasan ekor anjing yang akan dijagal asalkan memperoleh ganti rugi Rp 25.000 per kilogram. Melalui mediasi itu juga Bejo berjanji berjualan anjing untuk hewan peliharaan dan bukan sebagai daging konsumsi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x