Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baja Canggih, Hanya Ada 2 di Dunia

Kompas.tv - 21 September 2021, 14:03 WIB
Penulis : Aryo bimo

BANTEN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik industri baja canggih Hot Strip Mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021).

Presiden Jokowi berharap dengan berdirinya pabrik baja ini, kebutuhan baja dalam negeri dapat terpenuhi dan tidak perlu impor.

"Jadi enggak ada lagi impor-impor yang kita lakukan, ini yang kita harapkan. Sehingga sekali lagi akan menekan angka impor baja negara kita yang saat ini berada pada peringkat kedua komoditas impor Indonesia," ucap Jokowi.

Baca Juga: Resmikan Pabrik Hot Strip Mill 2 Krakatau Steel, Jokowi: Hanya Ada Dua di Dunia

Pabrik HSM 2 yang baru diresmikan ini dibangun dengan menggunakan teknologi modern dan canggih dari Jerman.

Jokowi lalu dengan bangga menyebut bahwa pabrik sejenis hanya ada 2 di dunia, yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

"Hari ini kita akan saksikan peresmian Hot Strip Mill #2 dari PT Krakatau Steel yang menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja dan hanya ada dua di dunia, pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia, yaitu di Krakatau Steel," lanjutnya.

Baca Juga: Wamen BUMN Pahala Mansury: Optimalisasikan Aset Subholding Sarana Infrastruktur Krakatau Steel

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi turut menyampaikan laporan dari Menteri BUMN Erick Thohir yang mengatakan kondisi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam keadaan sehat, setelah sebelumnya mengalami masalah keuangan.

"PT Krakatau Steel juga terus melakukan transformasi dan terus melakukan restrukturisasi. Pak Menteri BUMN tadi menyampaikan Krakatau Steel saat ini sudah semakin sehat, karena memang sebelumnya kurang sehat. Produksinya juga semakin lancar," tambahnya.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Sekretariat Presiden

BERITA LAINNYA



Close Ads x