Kompas TV nasional politik

Ini 7 Calon Hakim Agung Hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPR

Kompas.tv - 21 September 2021, 11:00 WIB
ini-7-calon-hakim-agung-hasil-uji-kelayakan-dan-kepatutan-di-dpr
Pernyataan Pers Kapolri Jendral listyo sigit prabowo dan ketua komisi III DPR RI Herman Herry mengenai digitalisasi pelayanan polri, di Gedung DPR-RI jakarta pada Rabu siang, 16 juni 2021 (Sumber: KEMAS ABDUL MALIK / KOMPASTV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi III DPR telah memilih tujuh calon Hakim Agung. Nantinya, mereka yang terpilih akan disampaikan pada Rapat Paripurna, Selasa (21/9/2021).

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan, proses pemilihan calon Hakim Agung tersebut dilakukan secara profesional dan transparan. Hal itu bertujuan agar para mereka yang dipilih adalah yang kredibel dan berintegritas.

Baca Juga: Uji Kelayakan, Anggota Komisi III Anggap Calon Hakim Agung Ini Lakukan Plagiat

“Seperti bisa kita pantau bersama, Komisi III telah melaksanakan proses fit and proper test secara transparan dan bisa disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia,” kata Herman, di Gedung DPR, Jakarta. 

Politikus PDIP itu menyebut, hasil ini merupakan kesepakatan dari seluruh fraksi yang ada di Komisi III. Setiap Fraksi memiliki hak yang sama dalam menyetujui atau menolak Calon Hakim Agung.

“Tentunya setiap fraksi memiliki penilaian sendiri dalam menilai setiap calon. Tetapi, kami telah sepakat dalam proses ini kami berfokus pada tiga aspek, yaitu Pemahaman Calon terhadap tugas dan fungsi sebagai Hakim Agung, Integritas Calon, dan Rekam Jejak,” ujarnya. 

Ia berharap calon Hakim Agung yang dipilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjunjung tinggi rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Komisi III mengucapkan selamat bekerja kepada para Yang Mulia Hakim Agung yang terpilih. Sebagai Hakim tertinggi, semoga selalu menjadi benteng dalam menjaga aspirasi keadilan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Herman.

Baca Juga: Calon Hakim Agung Dwiarso Ngaku Pernah Dapat Tekanan dari Penguasa

Berikut calon Hakim Agung yang disepakati Komisi III DPR dan selanjutnya akan disampaikan pada Rapat Paripurna:

1. Dwiarso Budi Santiarto, sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana

2. Jupriyadi, sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana

3. Prim Haryadi, sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana

4. Suharto, sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana

5. Yohanes Priyana, sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana

6. Haswandir, sebagai Calon Hakim Agung Kamar Perdata

7. Brigjen TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, sebagai Calon Hakim Kamar Militer



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x