Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kemenparekraf dan Kadin Teken MoU untuk Kembangkan Parekraf

Kompas.tv - 21 September 2021, 09:18 WIB
kemenparekraf-dan-kadin-teken-mou-untuk-kembangkan-parekraf
Kemenparekraf dan Kadin tanda tangani MoU pengembangan parekraf, Senin (20/9/2021) (Sumber: Kompas.tv/Nat)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tujuan dari MoU tersebut secara garis besar, yaitu membangun kemitraan yang sinergis dan kolaboratif, mempercepat pemulihan dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif antara Kemenparekraf dan Kadin.

Kemitraan ini berlaku untuk lima tahun dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan bersama.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, sangat mendukung Kadin untuk menciptakan lapangan kerja dan memastikan program-program pemerintah tepat sasaran, tepat manfaat juga tepat waktu.

Hal ini sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 yang menyebutkan Kadin merupakan perwakilan dunia usaha.

“Untuk kemitraan ini kita harapkan tentunya secara lima tahun ke depan bisa menghasilkan terobosan-terobosan dalam ruang lingkup yang cukup luas ini termasuk pengembangan produk wisata di bidang industri dan investasi,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf secara virtual di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Devisa Anjlok, Menparekraf Manfaatkan Forum Global untuk Ajang Investasi Pariwisata

Adapun, ruang lingkup kemitraan ini antara lain ialah pertukaran dan pemanfaatan data serta informasi, lalu pelaksanaan, pembinaan, dan pemberian dukungan untuk riset serta edukasi dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian yang tak kalah penting adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif, juga kerja sama lainnya sesuai dengan kesepakatan.

“Saya harap ini tidak berhenti sampai di sini, langsung gercep (gerak cepat), karena banyak sekali agenda-agenda yang harus kita lakukan,” kata Sandi.

Sementara itu, Ketua Kadin Arsjad Rasjid mengharapkan kemitraan ini menjadi awal kolaborasi sebagai mitra saling membantu dan bergotong royong untuk memulihkan kembali ekonomi Indonesia, khususnya bidang pariwisata.

“Kami percaya bahwa Indonesia akan pulih kembali dan turisme di Indonesia akan bangkit dan akhirnya kita memenangkan perang ekonomi kita,” ucapnya dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga: KADIN: Perlu Sosialisasi dan Pelibatan Pengusaha sebelum Negosiasi Perjanjian Dagang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x