Kompas TV internasional kompas dunia

PBB Desak Pemimpin Dunia Tingkatkan Upaya Perangi Perubahan Iklim

Selasa, 21 September 2021 | 05:44 WIB
pbb-desak-pemimpin-dunia-tingkatkan-upaya-perangi-perubahan-iklim
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, berbicara kepada wartawan setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk mendiskusikan tentang perubahan iklim di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, Senin, 20 September 2021, dalam sesi ke-76 Sidang Majelis Umum PBB di New York. (Sumber: AP/John Minchillo)

NEW YORK, KOMPAS.TV – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terus menekan para pemimpin dunia untuk meningkatkan upaya memerangi perubahan iklim.

“Kami membutuhkan tindakan tegas sekarang untuk mencegah bencana iklim, dan untuk itu kami membutuhkan solidaritas,” kata Sekjen PBB Antonio Guterres, dalam konferensi pers setelah sesi Senin (20/9/2021), kepada para pemimpin dunia.

“Ada risiko kegagalan yang tinggi pada negosiasi iklim besar-besaran,” tambahnya. Seperti dikutip dari The Associated Press, dia menyebut dirinya tidak putus asa, tapi dia sangat khawatir.

Baca Juga: Khawatir Terjadi Perang Dingin, Sekjen PBB Peringatkan China dan AS

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, yang menjadi tuan rumah pertemuan iklim tertutup pada hari Jumat, akan membahas masalah itu dalam pidatonya dalam Sidang Majelis Umum PBB hari ini.

Hal ini dikonfirmasi oleh seorang pejabat senior pemerintah AS yang berbicara dengan syarat anonim.

Negosiasi iklim selanjutnya, yang akan diadakan di Skotlandia musim gugur mendatang, dirancang untuk menjadi langkah berikutnya setelah kesepakatan iklim Paris 2015.

"Kita semua setuju bahwa 'sesuatu harus dilakukan'. Namun saya akui, saya semakin frustrasi karena 'sesuatu' yang telah Anda lakukan, tidaklah cukup. Ekonomi terbesar di dunia menyebabkan masalah, sementara yang terkecil menderita konsekuensi terburuk," ujar Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang menujukan pernyataan ini kepada para pemimpin dunia.

Johnson mengatakan para pemimpin harus menyingkirkan dunia dari pembangkit listrik tenaga batu bara dan mesin pembakaran internal, serta menghentikan deforestasi.

Sementara negara-negara kaya perlu memenuhi komitmen mereka untuk menghabiskan $100 miliar per tahun untuk membantu negara-negara miskin untuk menghadapi perubahan iklim.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19