Kompas TV internasional kompas dunia

Pfizer Nyatakan Vaksin Covid-19 Mereka Aman untuk Anak Usia 5 - 11 Tahun

Kompas.tv - 21 September 2021, 05:15 WIB
pfizer-nyatakan-vaksin-covid-19-mereka-aman-untuk-anak-usia-5-11-tahun
Pfizer dan BioNTech nyatakan vaksin Covid-19 mereka aman bagi anak usia 5 - 11 tahun dan akan segera mengajukan hasil riset mereka ke regulator obat dan makanan berbagai negara (Sumber: France24 via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

FRANKFURT, KOMPAS.TV - Pfizer dan BioNTech, Senin (20/09/2021), mengatakan hasil uji coba mereka menunjukkan vaksin virus corona mereka aman dan menghasilkan respons kekebalan yang kuat pada anak-anak berusia 5 - 11 tahun, dan menambahkan mereka akan segera meminta persetujuan regulator untuk vaksinasi bagi kelompok usia tersebut.

Vaksin Covid-19 untuk kelompok usia 5 - 11 tahun akan diberikan dengan dosis yang lebih rendah daripada orang di atas 12 tahun, kata Pfizer dan BioNTech.

"Pada peserta berusia lima hingga 11 tahun, vaksin itu aman, ditoleransi dengan baik dan menunjukkan respons antibodi penetralisir yang kuat," kata Pfizer dan mitranya di Jerman mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama.

Mereka berencana untuk mengirimkan data mereka ke regulator obat dan makanan di Uni Eropa, Amerika Serikat, dan di seluruh dunia "sesegera mungkin".

Ashish Jha, dekan Brown University School of Public Health dan pakar Covid-19 terkemuka di Amerika Serikat, menyebutnya sebagai “kabar baik” yang telah ditunggu-tunggu oleh banyak orang tua.

Jika semuanya berjalan dengan baik dan mendapat persetujuan, "Anak saya yang berusia 9 tahun akan mendapatkan kesempatan pada Halloween!" cuitnya di Twitter.

Hasil uji coba adalah yang pertama untuk anak di bawah 12 tahun, dengan uji coba Moderna untuk anak berusia enam hingga 11 tahun masih berlangsung.

Baik suntikan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech maupun Moderna sudah diberikan kepada remaja 12 tahun ke atas dan orang dewasa di negara-negara di seluruh dunia.

Baca Juga: Indonesia Kembali Terima Vaksin Pfizer Sebanyak 1,1 Juta Dosis dari AS

Vaksin Covid-19 untuk kelompok usia 5 - 11 tahun akan diberikan dengan dosis yang lebih rendah daripada orang di atas 12 tahun, kata Pfizer dan BioNTech. (Sumber: Straits Times via Reuters)

Inggris, Skotlandia, dan Wales menjadi negara terbaru yang bergabung dengan daftar negara yang memvaksinasi remaja, meluncurkan vaksinasi untuk anak berusia 12 hingga 15 tahun minggu ini. Irlandia Utara akan menyusul bulan depan.

Meskipun anak-anak dianggap kurang berisiko terkena Covid-19 yang parah, ada kekhawatiran varian Delta yang sangat menular dapat menyebabkan kasus yang lebih serius.

Menyuntikkan anak-anak juga dipandang sebagai kunci untuk menjaga sekolah tetap buka dan membantu mengakhiri pandemi.

"Kami sangat ingin memperluas perlindungan yang diberikan oleh vaksin kepada populasi yang lebih muda ini," kata CEO Pfizer Albert Bourla, seraya menambahkan, "Sejak Juli, kasus Covid-19 pada anak-anak telah meningkat sekitar 240 persen di AS."



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.