Kompas TV video sinau

Apa Fungsi Ekor pada Tubuh Hewan?

Kompas.tv - 20 September 2021, 18:55 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Kebanyakan hewan memiliki ekor pada tubuhnya, dengan berbagai macam ukuran . Ada hewan dengan ekor yang panjang, ada pula hewan dengan ekor yang pendek. Semua bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Pada mamalia dan ikan di laut, ekor membantu untuk berenang.

Sedangkan hewan di darat salah satu fungsinya, untuk membantu keseimbangan. Contohnya pada hewan yang harus berburu mangsa. Saat mengejar mangsa, hewan pemburu harus lari dengan kencang. Ketika  harus belok secara tiba-tiba, hewan pemburu akan mengayunkan ekornya, jika tidak mengayunkan ekornya, hewan pemburu akan kesulitan berbelok, bahkan bisa terpelanting dan melukai tubuh mereka. Cheetah adalah salah satu hewan pemburu larinya sangat cepat, dan menggunakan ekornya untuk keseimbangan ketika berlari.

Beberapa hewan juga menggunakan ekornya sebagai petunjuk, untuk alat peringatan jika ada bahaya. Misalnya hewan yang memiliki bulu putih di bawah ekor mereka. Bulu putih itu  memudahkan anak hewan untuk melihat induknya saat berada di dalam semak-semak atau dalam kegelapan.

Ada juga hewan yang menggunakan ekornya untuk meloloskan diri, dari pemangsanya. Kadal dan cicak  menggunakan ekornya untuk meloloskan diri dari pemangsa. Kedua hewan itu mengelabui pemangsa dengan melepaskan ekornya. 

Baca Juga: Lisa Blackpink Bikin Akun Instagram untuk 6 Hewan Peliharaannya, Tertarik Follow?

https://www.kompas.tv/article/213384/lisa-blackpink-bikin-akun-instagram-untuk-6-hewan-peliharaannya-tertarik-follow 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.