Kompas TV nasional update corona

Indonesia Dapat Pujian dari Dunia karena Berhasil Kendalikan Penularan Covid-19

Kompas.tv - 20 September 2021, 18:46 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV – Indonesia mendapat pujian karena berhasil mengendalikan laju penularan covid-19 dengan baik.

Atas capaian ini, pemerintah berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat global pembuatan vaksin covid-19 metode mRNA.

Baca Juga: BOR Rumah Sakit Covid-19 di Jakarta Turun Drastis Jadi 9 Persen, ICU 20 Persen

Johns Hopkins University memberikan apresiasi atas penanganan covid-19 di Indonesia.

Penanganan covid-19 di Indonesia dianggap salah satu yang terbaik di dunia, karena berhasil menurunkan kasus covid-19 hingga 58 persen dalam kurun waktu dua pekan.

Pada 19 September kemarin, kasus harian tercatat sebanyak 2.234.

Angka ini jauh menurun dibanding saat puncak penularan covid-19 terjadi pada 15 Juli 2021, dengan penambahan 56.757 kasus per hari.

Pemerintah pun mengklaim, laju penularan atau positivity rate covid-19 di Indonesia mengalami penurunan hingga 4 persen, angka ini berada di bawah standar WHO.

Ini, bukan kali pertama Indonesia mendapat sanjungan, sebelumnya pemerintah Italia hingga Malaysia melakukan hal yang sama bahkan kaget dengan pencapaian Indonesia.

Percepatan program vaksinasi dipuji organisasi kesehatan dunia WHO sebagai langkah tegas untuk mengatasi pandemi covid-19.

Atas capaian ini, pemerintah sedang merencanakan strategi ambisius menjadikan Indonesia sebagai pusat vaksin covid-19 global.

"Kami berkerja sama dengan WHO untuk menjadi salah satu pusat manufaktur global untuk mRNA. WHO telah menunjuk Afrika Selatan sebagai lokasi pertama, dan saya mengatakan bahwa secara logis Indonesia harus menjadi yang kedua.” Ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.