Kompas TV nasional kesehatan

Kopi Disinyalir Dapat Cegah Paparan Covid-19, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 20 September 2021, 18:52 WIB
kopi-disinyalir-dapat-cegah-paparan-covid-19-ini-penjelasannya
Ilustrasi manfaat ampas kopi (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Di masa pandemi Covid-19, kopi ternyata disinyalir berpotensi mencegah paparan Covid-19. Kopi yang kaya kandungan antioksidan, diyakini bisa memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh,

Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Anggrahini memaparkan orasi ilmiah berjudul "Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19" dalam puncak Dies Natalis ke-58 FTP UGM, Senin (20/9/2021).

Menurut Sri, dalam berbagai penelitian di luar negeri, kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan Covid-19.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Ini 10 Manfaat Ampas Kopi

“Hal itu mendukung banyak penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan,” ujarnya.

Sekalipun demikian, ia tidak menganjurkan mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. Sebab, mengonsumsi kopi saat perut kosong bisa memicu kenaikan kadar gula darah, asam lambung, serta risiko penyakit maag.

Ia menilai, penelitian soal kopi perlu ditindaklanjuti supaya bisa mendorong masyarakat mengonsumsi kopi serta mengetahui batas aman konsumsi kopi.

Baca Juga: Vaksinasi di Warung, Sambil Menikmati Kopi dan Jajanan Tradisional Gratis

Tidak hanya itu, kata Sri, kopi juga bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena Covid-19 atau tidak karena memiliki rasa dan aroma yang kuat. Pada umumnya, penderita Covid-19 mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.